Hindari Kesalahan Logistik di Pilkada Cimahi 2017

: Sejumlah petugas KPPS saat melakukan pengecekan logistik, di Kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Rabu (8/2/2017).

: Sejumlah petugas KPPS saat melakukan pengecekan logistik, di Kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Rabu (8/2/2017).

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Untuk memastikan ketepatan jumlah dan jenis logistik pada Pilkada Cimahi 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi libatkan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Cimahi, Handi Dananjaya mengatakan, dilibatkannya KPPS itu untuk melakukan pengecekkan guna menghindarkan dari kesalahan pengepakkan logistik. Terlebih, kesalahan paling krusial dan sering terjadi adalah jumlah surat suara dan formulir yang terkadang lebih atau kurang.

“Kami tidak mau nanti di TPS masih ada kekurangan logistik,” kata Handi, di Kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Rabu (8/2/2017).

Sejak Rabu (8/2/2017) sampai lima hari kedepan, lanjut dia, KPU akan melibatkan Ketua KPPS untuk melakukan kroscek ketepatan jumlah surat suara dan jenis logistik pilkada untuk dikirim ke TPS pada 14 Februari 2017 mendatang.

“Kami sekarang berkonsentrasi pada pengecekkan logistik Pilkada yang akan disebar ke TPS,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak terlalu khawatir akan terjadi kesalahan pada saat logistik didistribusikan ke tiap TPS saat pencoblosan nanti. Terlebih, sebelum dilakukan pengecekan, KPU telah memberikan Bimbingan Teknis (bimtek).

“Kami sudah melaksanakan bimtek mengenai logistik. Mudah-mudahan dari bimtek itu bisa dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Pihaknya berharap, ketika logistik itu dibagikan, harus tepat sasaran, tepat kualitas dan tepat jumlah. Diakuinya, sejauh ini, ketua KPPS hanya menerima berita acara saja tanpa menyaksikan alat kelengkapan logistik apa saja yang mereka terima. Mereka (ketua kpps) hanya menandatangani berita acara saja.

“Tentunya kami ingin semua kebutuhan logistik dan keperluan di TPS terlengkapi,” pungkasnya.

Saat ini keperluan logistik untuk pencoblosan di TPS sudah mulai dimasukkan ke kotak suara dan sudah dimasukkan kedalam kantong plastik bening, yang terdiri dari surat suara, tinta, paku, sampul, formulir, segel, alat tulis, dan alas coblos. (gat)

 

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …