Kecamatan Cisarua Bandung Barat Kekurangan Air Bersih

Ilustrasi Air Bersih

Ilustrasi Air Bersih

POJOKJABAR.com, CISARUA – Warga Desa. Kertawangi Kec. Cisarua Kabupaten Bandung Barat kekurangan air bersih lebih dari tiga bulan terakhir, Padahal, keberadaan mata air Cijanggel yang juga dimanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) tak jauh dari pemukimannya.

Warga empat RW di desa tersebut mendesak pemerintah desa dan kecamatan turun tangan memfasilitasi pertemuan dengan direksi PT. PMgS selaku perusahaan milik pemerintah daerah yang memiliki izin pemanfaatan sumber air itu.

Ketua RT.04 RW.04, Iman Mulyadi mengaku selain dirumahnya, terdapat empat RW di Desa Kertawangi yang saat ini kekurangan air bersih. Padahal jarak sumber mata air Cijanggel yang kini dikelola PT. PMgS tak jauh dari pemukiman mereka.

” Air dari pipa induk milik BUMD debitnya tinggi, tapi sampai ke rumah airnya kecil. Bahkan, tiga bulan terakhir saya harus ngangkut pakai ember ke mata air,”ungkapnya saat dihubungi, Selasa(7/2/2017).

Ia menjelaskan, saat PT. PMgS pertama kali membangun pipa induk penyaluran air bersih, kebutuhan air bersih Desa Kertawangi PMgS meminjam pakaikan pipa miliknya untuk disalurkan ke pemukiman warga. Namun belakangan ini ada warga yang malah memanfaatkan air dari pipa ini bukan untuk kebutuhan rumah tangga saja.

loading...

Feeds