Bus Jurusan Lewipanjang Majalaya Direaktivasi

Terlihat sejumlah Penumpang bersiap-siap akan menaiki bus tujuan Soreang di Terminal Leuwipanjang, Bandung

Terlihat sejumlah Penumpang bersiap-siap akan menaiki bus tujuan Soreang di Terminal Leuwipanjang, Bandung

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Rencananya 10 unit bus rapid transit (BRT) Trans Metro Bandung Raya jurusan Leuwipanjang-Majalaya akan beroperasi Bulan April 2017 nanti. Bus tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia kepada Kabupaten Bandung yang diterima memalui Dinas Perhubungan Provinsi Jawa.

Saat ditemui di Gedung Mohammad Toha, Bupati Bandung Dadang M Naser mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Pergubungan telah memberikan bantuan 10 unit bus BRT jurusan Lewipanjang-Majalaya.

“Saya haturkan terimakasih, ini akan berikan kemudahan bagi anak sekolah, utamannya warga Kabupaten bandung yang menggunakan kendaraan masal,” tuturnya.

Ditemui ditempat berbeda, di ruang kerja Kepala Dinas Pergubungan Kabupaten Bandung, Tedi Kusdiana, Kabid Angkutan Hilman Kadar mengatakan, sebelumnya di tahun 1990, bus dengan jurusan tersebut sempat eksis.

Namun, di tahun 2014 lalu keberadaan bus tersebut menjadi tidak eksis lagi karena ada aturan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat yang menetapkan batas umur kendaraan bus maksimal 20 tahun.

“Ini sifatnya reaktivasi atau peremajaan. Karena bus-bus tersebut sudah tua dan dimakan usia maka Dishub Jabar tidak memperpanjang ijin trayeknya,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/2/201707).

“Kalaupun nantinya kehadiran 10 bus ini menjadi masalah di masyarakat, kan jalurnya sudah ada, ini sifatnya aktivasi kembali. Makannya jalur yang dipilih Leuwipanjang-Majalaya,” ungkapnya.

Rutenya, lanjut Tedi mulai dari Terminal Leuwipanjang-Kopo-BKR-Moch.Toha-Dayeuhkolot-Ciparay dan berakhir di Terminal Majalaya dan setiap bus yang beroperasi akan melayani 6 kali perjalanan setiap harinya.

loading...

Feeds