Gerak Jalan KPU di Kota Cimahi Kurang Diminati

Para peserta jalan sehat KPU Cimahi  di 0 kilometer (alun-alun) Kota Cimahi, Minggu (5/2/2017).

Para peserta jalan sehat KPU Cimahi di 0 kilometer (alun-alun) Kota Cimahi, Minggu (5/2/2017).

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar jalan sehat bersama masyarakat, kaum difabel dan pemilih pemula, Minggu (5/2/2017). Kegiatan tersebut dilakukan sekaligus untuk sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cimahi 2017.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Cimahi menghabiskan anggaran sebesar Rp74 juta. Namun sangat disayangkan, dengan anggaran sebesar itu, acara yang dilaksanakan di 0 kilo meter (alun-alun) Kota Cimahi itu kurang diminati masyarakat. Peserta yang hadirpun tidak lebih dari seratus orang, hanya dipenuhi oleh panitia. Selain Jalan sehat, sosialisasi yang diisi dengan olahraga senam zumba bagi ibu-ibu itu, hanya diikuti tak lebih dari 10 orang.

Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Danan Jaya mengatakan, melalui jalan sehat ini pihaknya menegaskan kepada masyarakat bahwa, Pilkada merupakan pesta rakyat dan jangan sampai ada perpecahan.

“Dengan digelarnya Pilkada ini, diharapkan masyarakat bisa menjaga aset keberagaman dan menjaga keutuhan setiap elemen masyarakat khususnya di Cimahi,” kata Handi usai kegiatan, kemarin.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut dia, pihaknya ingin memastikan bahwa, Pilkada Cimahi 2017 juga tidak mebedakan kaum difabel dengan masyarakat normal lainnya. Dalam kegiatan ini KPU melibatkan sebanyak lima organisasi disabilitas.

“Kami ingin semuanya sama-sama merasakan pilkada ini tanpa ada perbedaan,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari KPU, pada pilkada Cimahi 2017, terdapat 887 pemilih yang terdiri dari 310 tunadaksa, 131 tunanetra, 155 tunarungu, 86 tunagrahita, dan pemilih lain yang punya keterbatasan seperti lumpuh berjumlah 86 orang. Sedangkan pemilih pemula mencapai 21.710.

Salah seorang penyandang disabilitas, Asep Solihin (45), mengaku antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU. Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya merasa disejajarkan dengan yang lainnya.

“Tentunya kami ingin pilkada Cimahi ini sukses. Dan semoga keterlibatan kami membantu kesuksesan pilkada Cimahi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dilibatkannya kaum difabel oleh KPU pada Pilkada Cimahi ini, merupakan suatu penghargaan bagi penyandang disabilitas di Cimahi. Terlebih, sejauh ini tidak dipungkiri bahwa masih ada masyarakat yang memandang sebelah mata terhadap kaum difabel.

“Kami akan bantu sukseskan pilkada Cimahi,” pungkasnya. (gat)‎

 

loading...

Feeds