Wihh… Kota Cimahi Disawer Rp55,382 Miliar

Warga Bogor ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan pungutan liar ganti rugi pembangunan tol bocimi

Warga Bogor ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan pungutan liar ganti rugi pembangunan tol bocimi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Di tahun anggaran 2017, Pemerintah Kota Cimahi mendapatkan kucuran anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 55,382 miliar. Anggaran tersebut diberikan  merupakan bagian dari apresiasi pemerintah pusat atas kinerja Pemerintah kota Cimahi.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Hella Haerani membeberkan, Cimahi mendapatkan dana tersebut berkat pencapaian prestasinya mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 2016.

Ia menjelaskan, anggaran dari Kemenkeu itu diperuntukan untuk sektor pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

“Pemberian anggaran tambahan itu memberikan penghargaan (reward) kepada daerah yang mempunyai kinerja baik dalam upaya pengelolaan keuangan dan kesehatan fiskal,” ujarnya saat dihubungi, kemarin.

Sedangkan kriteria utamanya adalah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terhadap laporan keuangan pemerintah daerah serta pentetapan Perda APBD tepat waktu.

Penilaian terhadap kinerja pemerintah daerah juga dilihat dari tiga aspek, yakni kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, kinerja pelayanan dasar publik serta kinerja ekonomi dan kesejahtraan.

“Desain penilaian kinerja tersebut dihitung dan dituangkan dalam bentuk pemeringkatan kesehatan dan pengelolaan keungan daerah,” ujarnya.

Pada tahun sebelumnya, Kota Cimahi juga mendapatkan bantuan DID sebesar Rp 5 miliar karena mendapatkan penghargaan WTP di tahun 2015. Penggunaan anggarannya untuk fungsi pendidikan dengan sifat spesific grand. (bbb)

 

 

loading...

Feeds