Wow… Stok Labu Darah di Kota Bandung “Overload”

Salah seorang warga sedang mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung.

Salah seorang warga sedang mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung.

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, berhasil mengumpulkan 1.000 labu darah lebih dalam satu hari. Padahal, jumlah kebutuhan untuk Kota Bandung dalam satu hari hanya 400-500 labu darah.

Kepala Bidang Pengadaan Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawijaya mengatakan, jumlah labu untuk Kota Bandung terbilang aman hingga dua atau tiga hari ke depan.

“Kebutuhan darah perhari untuk Kota Bandung 400-500 per hari, sedangkan hari ini saja sudah terkumpul 1.265 labu,” ucapnya kepada Radar Bandung saat ditemui di kantor PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (3/2/2017).

“Biasanya kami mendapat pasokan darah dari warga yang datang ke PMI, jumlahnya 150 labu perhari, ditambah 400 labu dari PMI mobile. Ya’ dari 550 labu setelah disortir, jadi 500 labu. Kalau sekarang cukup banyak juga yang datang mendonor,” sambung Wahyu.

Diungkapkan Wahyu, kelebihan setok darah biasanya dishare ke setiap daerah di Jawa Barat. Tak jarang, luar provinsi seperti DKI Jakarta ikut kebagian jika memang stok darah di Ibu Kota sedang kosong.

“Sesuai dengan BPPD yang ditentukan pemerintah, 1 labu Rp 360 ribu, namun jika sesama jejaring PMI Rp 320 ribu perlabu,” terangnya.

Kendati demikian, Wahyu menyadari ada beberapa golongan darah di PMI Kota Bandung yang cukup sulit didapatkan. Contohnya, golongan darah A dan AB. Menurut dia, kelangkaan darah tersebut disebabkan faktor genetik atau turunan.

“Bukan hanya Kota Bandung, PMI di setiap daerah pasti mengalami kelangkaan darah A dan AB. Alasanya, komposisi darah paling banyak adalah O sebanyak 40 persen, B 26 persen, A 15 persen dan AB 10 persen,” paparnya.

Lebih lanjut, Wahyu menyebut, untuk antisipasi kekosongan darah yang sulit didapatkan atau langka, pihaknya selalu mengajak keluarga pasien/ pendonor untuk membawa pendonor yang sesuai dengan golongan darah.

“Jika ketersediaan darah langka baik A, B, AB, O kami selalu mengajak pasien untuk membawa keluarganya dengan jenis golongan darah yang sama, atau pendonor yang darahnya sama kami selalu datangi lagi,” pungkasnya. (arh)

loading...

Feeds