Pemerintah Bahas Upaya Ketahanan Pangan di Bandung dan Cimahi

Ilustrasi Persawahan

Ilustrasi Persawahan

POJOKJABAR.com, CIMAHI –  Kodim 0609/Kab Bandung bersama Pemerintah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung melakukan pembahasan upaya meningkatkan ketahanan pangan daerah. Pembahasan tersebut meliputi komitmen dalam mencanangkan target penanaman di 35 ribu hektare lahan sawah, sekaligus mengejar ketinggalan perecepatan tanam padi di periode Oktober 2016- Maret 2017.

Hal itu diketahui usai rapat Koordinasi Evaluasi Kegiatan Upaya Khusus (Upsus) Pertanian Tahun 2017 di Makodim 0609/Kab. Bandung Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Jumat (3/2/2017). Selain menjaga komitmen, rapat tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam upaya pencapaian target Luas Tambah Tanam ( LTT ) untuk menunjang swasembada pangan.

“Kami selaku Kodim akan bekerja sama dengan Dinas pertanian Cimahi, Bandung Barat dan Kabupaten Bandung untuk mengejar target yang harus dicapai dalam rangka mendukung program kementrian pertanian,” ujar Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, kemarin.

Menurutnya, setiap wilayah memliki masalah masing-masing dalam rangka mengejar target ketahanan pangan daerah seperti di Cimahi dengan luas lahannya yang terbatas, kemudian Kabupaten Bandung masalahnya irigasi dan Bandung Barat masalahnya hama. Untuk itu, kerjasama, ia sebut sangat penting untuk mengatasi erbagai masalah yang dihadapi.

Llebih lanjut, Andre mengaku siap mengawal pendistribusian bibit, pupuk dan masalah irigasi, sgar tidak menjadi penghambat lagi.

Kodim 0608/Kab. Bandung dengan wilayah teritorial meliputi Kota Cimahi-Kab. Bandung Barat-Kab. Bandung diberi target pembinaan wilayah pertanian mencapai 35.000 hektar. Ia optimis, dengan kerjasama yang baik, sisa 2 bulan

“Dalam upaya mengejar target yang harus kita capai, perlu menyamakan persepsi dan  bergotong royong. Kita perlu mengatur strategi bersama,” katanya. (bbb)

 

loading...

Feeds