Sejumlah Dinas di Pemerintah Kota Cimahi Dipecah

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dibentuk menyusul perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) terbaru masih ada kemungkinan dirampingkan kembali. Pasalnya, proporsi tupoksi SKPD saat ini masih dinilai gemuk.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Pemerintah Kota Cimahi, Untung Undiyanto mengatakan, kemungkinan pemecahan dinas tersebut dilakukan untuk mengurangi beban kerja sehingga kinerja dinas semakin maksimal.

Ia mencontohkan, sejumlah SKPD yang masih dianggap gemuk adalah Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (SPMPPKB) dan Dinas Komunikasi, Informasi, Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus).

“Nanti akan dilihat kalau memang itu bebannya berat akan dievaluasi lagi, atau ada kemungkinan dipecah,” terang Untung saat ditemui di Kompleks Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, Kamis (2/1)

Untung menyebut, jika dilihat dari tupoksinya, kedua SKPD tersebut memang memikul beberapa urusan.

Meski begitu, keputusan dipecah atau tidaknya beberapa dinas tersebut selain membutuhkan waktu dan ebaluasi, juga bergantung kesiapan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia.

Untung melanjutkan, Pemerintah Kota Cimahi sangat bisa melakukan pengembangan dinas. Secara aturannya pun syarat dan hasil skoring, penambahan kembali dinas sudah terpenuhi.

“Malah seharusnya kalau kita ikuti skoring jumlahnya, bisa 20 dinas lebih, tapi kan disesuaikan dengan anggaran dan SDM,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) terbaru, ada 15 dinas dan 4 badan yang ada di Pemkot Cimahi.

Disinggung mengenai fasilitas dinas yang ada saat ini, untung mengakui masih kurang. Namun, ia mengatakan seluruh dinas masih membiasakan diri dengan perubahan SOTK yang baru.

“Kalau fasilitas memang masih kurang. Tapi, ini kan masih proses. Mudah-mudahan setelah enam bulan berjalan, semua kekurangan bisa diatasi,” pungkasnya. (bbb)

loading...

Feeds