Saber Pungli Kabupaten Bandung, Masih Belum Menunjukan Taringnya…

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com KABUPATEN BANDUNG – Center Budget Analysis (CBA) mempertanyakan kinerja tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) yang beberapa waktu lalu dibentuk di Kabupaten Bandung. Karena sejak dibentuk pada (22/12/2017) lalu, tak pernah menunjukan taringnya, atau dengan kata lain setelah dibentuk tak pernah terdengar gaungnya.

Direktur CBA, Uchok Sky Khadafi mengatakan, tim saber pungli Kabupaten Bandung tak seperti Kota Bandung yang berani membongkar dan menangkap pungli kelas kakap sekelas kepala dinas. Kata dia, sudah semestinya, tim saber pungli Kabupaten Bandung juga bisa melakukan hal yang sama. Artinya, berani merambah ke wilayah yang ditenggarai rawan terjadi tindakan pungli kelas kakap. Bukan sekedar menciduk pelaku tindakan pungli yang dilakukan oleh pegawai rendah dengan hasil tangkapan yang tidak seberapa nominalnya.

“Seharusnya tim saber pungli di Kabupaten Bandung juga bisa seperti di Kota Bandung dong. Dimana Walikotanya juga bisa dibikin gagap sendiri. Tapi sayangnya tim saber pungli di Kabupaten Bandung seperti mati suri dan tak bisa diharapkan lagi,” kata Uchok, Kamis (2/2/2017).

Padahal, keberadaan tim saber pungli di Kabupaten Bandung ini sangat diharapkan masyarakat. Untuk memberantas berbagai tindakan pungli yang diduga masih marak terjadi diberbagai sektor pelayanan publik.

“Sebenarnya kan masih banyak celah yang diduga banyak terdapat dugaan tindakan pungli yang merugikan masyarakat. Seperti di pelayanan perizinan, pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan publik lainnya,” ujarnya.

Melihat kondisi ini, lanjut Uchok, tentu saja ketua tim saber pungli Kabupaten Bandung, harus bertanggung jawab. Serta menjelaskan pada masyarakat, sudah sampai sejauh mana kerja mereka pasca dikukuhkan oleh kepala daerah beberapa waktu lalu itu.

“Ketua tim saber punglinya harus bisa menjelaskan pada publik. Kenapa setelah dibentuk kok tidak terdengar lagi kiprahnya. Apakah memang benar diam atau sebenarnya mereka bekerja namun tidak dipublikasikan ke publik. Ini yang harus dijelaskan, agar masyarakat tidak bertanya-tanya, sekaligus membuat efek jera juga kepada para penyelenggara pemerintahan lainnya,”katanya. (fer)

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …