Ada Jutaan Orang di Jawa Barat Tak Miliki E-KTP

Ilustrasi e-KTP.

Ilustrasi e-KTP.

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat menyebut masyarakat Jabar yang belum melakukan perekaman KTP-el tergolong masih banyak.

Kepala Disdukcapil Jabar Abas Bashari menuturkan, dinas yang baru dibentuk awal tahun ini akan fokus terhadap pembenahan KTP-el, pasalnya Jabar akan menghadapi Pilkada serentak 2018.

“Di Jabar itu masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman,” kata Abas saat dihubungi, Selasa (31/1/2017).

Saat disinggung mengenai jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman, pihaknya belum mengetahui jumlah pasti. Namun ia menaksir masih ada jutaan orang yang belum memiliki KTP-el.

Untuk itu, pihaknya kini tengah melakukan pembenahan dengan berkoordinasi dengan 27 kabupaten/kota lainnya. Sehingga permasalahan KTP-el segera teratasi.

“Pembenahan lainnya juga menjelang Pilkada serentak 2017 di Kota Cimahi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

Diakui dia, pihaknya pun tengah menggenjot perekaman KTP-el di tiga wilayah tersebut, dan pada bulan ini pihaknya telah melakukan perekaman KTP-el sebanyak 400 orang.

“Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan sosialisasi yang dilakukan untuk Pilkada 2017,” jelas Abas.

Sebelumnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa meminta tiga daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 untuk segera membereskan masalah pendataan pemilih.

Kata Iwa, di Bekasi masih ada 118.287 daftar pemilih yang belum melakukan perekaman KTP-el, untuk Kota Tasikmalaya masih ada 928 orang. Dan Kota Cimahi dari sisi daftar pemilih yang berjumlah 375.722 pemilih menurut Iwa sudah tidak ada masalah.

Ia meminta petugas di daerah setempat untuk melakukan ‘jemput bola’ terutama bagi warga yang kesulitan mendatangi kantor kecamatan karena sakit.

“Masyarakat yang sakit digendong saja ke perekaman KTP-el, semaksimal mungkin hak politiknya tidak hilang. Itu yang menjadi penekanan,” katanya. (rmo)

 

loading...

Feeds