Tiga LSM di Bandung Barat IniSiap Demo Perizinan Perumahan

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Proyek pembangunan Perumahan Taman Akasi Padalarang Point yang dikelola PT Sehati Inti Prasada menjadi sorotan tiga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat lantaran diduga belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Kendati begitu, kegiatan penyiapan lahan dan timbinan existing sudah berjalan,terlihat dalam minggu ini alat berat dan dumtruck pengiriman material sudah lalu lalang memadati lokasi dan jalan Raya Padalarang. Tak ayal debu dampak pengiriman material timbunan berserakan di jalan tanpa ada perlakuan dari si pengembang.

Masalah ini awal Ormas Paku Padjadjaran, Forkomn dan LSM Monitoring Community berang ketika mendapatkan fakta bahwa perizinan pengelolaan tempat tersebut belum memenuhi aspek legal.

Ketua Paku padjadjaran KBB Bemi Mulyana mengatakan untuk kesekian kali Pemerintahan KBB dianggap remeh oleh para pengembang Nakal. Ini dibuktikan tidak ada reaksi dari instansi terkait untuk sekadar memberikan teguran dan tegasnya sampai memberhentikan sampai dengan proses permohonan perizinan mereka selesai.

“Terbukti proses itu baru sampai ke Ciptakarya di P2b,” tuturnya.

Senada dengan Paku Padjadjaran Forum Komunikasi Muda Bandung Barat, Hari Setia Budhi selaku Ketua Kajian Amdal KBb mengatakan, sewaktu pembangunan perumahan mewah Kota Bali Residence semua sepakat agar wibawa pemerintahan harus di kedepankan.

“Bagaimana mungkin kita berdiam diri ketika kegiatan seperti ini dibiarkan tampa kajian sosial dan tekhnis,” sebutnya.

Ketua Kajian Hukum LSM Monitoring Community Kandar Karnawan mengatakan, aspek sosial dan aspek teknis yang ditempuh oleh para pengusaha ini harus ditempuh dan harus di akomodir oleh pemerintahan terkait, agar menjadi sebuah ketetapan hukum

“Dimana ketika melaksanakan kegiatan secara hukum dia sudah melewati semua kajian yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga tidak akan didapati pelanggaran Perda atau pelanggaran Hukum lainya,” tandasnya. (bwo)

loading...

Feeds