Pemkab Bandung Barat Akan Fungsikan Hutan Kota

dua sejoli tertangkap melakukan aksi mesum di hutan kota Kuningan (ilustrasi)

dua sejoli tertangkap melakukan aksi mesum di hutan kota Kuningan (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Hutan kota berkonsep edukasi, wisata, dan konservasi tengah dibangun di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat di Ngamprah. Saat ini, pembangunan jogging track sedang digarap di areal hutan kota.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB Ida Nurhamida melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Hutan Kota, Firman Afriansyah mengatakan, hutan kota nantinya akan ditanami ribuan pohon langka dari berbagai daerah di Indonesia.

“Konsepnya, memang wisata edukasi dan konservasi. Kami ingin hutan kota ini jadi ikon dan kebanggaan masyarakat KBB,” ujarnya, Minggu 22 Januari 2017.

Pembangunan hutan kota, menurut Firman, sudah dimulai tahun lalu. Tahap awal, dilakukan pembangunan jogging track sepanjang 914 meter dengan lebar 3 meter dan pemagaran di sekeliling hutan kota.

“Sejauh ini, pembangunan jogging track sudah 80%. Sisanya akan dilanjutkan tahun ini diikuti pembangunan sarana lainnya, termasuk penanaman pohon dan penerangan jalan umum,” ujarnya.

Ke depan, hutan kota tersebut diharapkan menjadi tempat berkumpul masyarakat KBB bersama keluarga mereka. Di dalamnya, warga bisa melihat dan mengetahui pohon-pohon langka dan berolah raga di areal jogging track.

Saat ini, menurut Firman, sejumlah warga juga sudah sering berkunjung ke hutan kota.

“Kebanyakan sore hari, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Sudah banyak warga yang berdatangan ke sana,” katanya.

Warga Ngamprah, KBB, Anto (31) mengaku beberapa kali berkunjung ke hutan kota. Ia datang ke sana untuk berolah raga sambil melihat-lihat areal hutan kota.

“Tempatnya memang bagus dan ada sarana olah raganya. Mudah-mudahan pembangunannya cepat selesai,” katanya.

Ia juga berharap agar penataan terus dilakukan di areal hutan kota itu. Sebab, beberapa tanaman liar masih tumbuh dan belum dibersihkan. Menurut dia, hal itu cukup mengganggu keindahan di dalamnya. (bie)

loading...

Feeds