Pemprov Jabar Siapkan 15.000 Vaksin Antraks

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Guna mengantisipasi penyebaran virus antraks di Jawa Barat, Dinas Peternakan (Disnak) dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat menyediakan sekitar 15.000 vaksin antraks di 2017. Vaksin antraks tetap disiapkan meskipun hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus antraks yang terjadi di Jawa Barat.

“Saat ini tidak ditemukan adanya kasus antraks di Jawa Barat. Kasus antraks yang terjadi di Kulon Progo Yogyakarta itu menjadi warning bagi kami untuk waspada terhadap penyakit ini,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Jawa Barat, Dodi Firman Nugraha, Kamis (26/1).

Sebanyak 15 ribu dosis vaksin antraks disiapkan di Kantor Disnak Jabar. Vaksin tersebut, lanjutnya, disiapkan sebagai cadangan dan siap didistribusikan ke daerah bila ditemukan kasus antraks di kabupaten atau kota di Jabar.

Selain menyiapkan vaksin, lanjut Dodi, pihaknya juga menerjunkan tim khusus untuk melakukan sosialisasi bahaya penyakit antraks tersebut khususnya kepada para peternak. Upaya tersebut, kata dia, merupakan salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Disnak Jawa Barat untuk mencegah penyebaran penyakit antraks.

“Antisipasi kita yaitu dengan melakukan sosialisasi untuk mewaspadai seandainya ternak-ternak yang ada di masyarakat itu mengalami kematian mendadak,” paparnya.

loading...

Feeds