Jumlah Personil dan Unit Bank Sampah Bersinar Kabupaten Bandung Minim

Ilustrasi Bank Sampah.

Ilustrasi Bank Sampah.

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Bank Sampah Bersinar (BSB) Kabupaten Bandung belum banyak diketahui oleh masyarakat Baleendah dan sekitarnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya jumlah personil dan terbatasnya unit BSB di wilayah itu.

Direktur Bank Sampah Bersinar (BSB), Baleendah, Kabupaten Bandung, John Sumual mengatakan, BSB sendiri sudah berjalan hampir tiga tahun dan telah memiliki 160 unit di 10 kecamatan.

“September 2016 lalu, BSB sudah menjadi unit induk di Kabupaten Bandung. Kita sudah memiliki hampir 6.000 nasabah tersebar di 10 Kecamatan di Kab Bandung,” jelasnya.

Ia mengatakan, BSB tengah mempersiapkan website, yang nantinya bisa diakses langsung oleh masyarakat. Karena menurut John, dengan website, masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai Bank Sampah Bersinar ini.

“Untuk sementara, saya sendiri ikut ke lapangan untuk merekrut nasabah di tiap kecamatan. Tak jarang pula, ada beberapa orang yang datang sendiri untuk mendaftar sebagai nasabah kita,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas Lingkungkan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Bandung, kembali menggalakkan fungsi Bank Sampah. Dengan keberadaan Bank Sampah diharapkan perekonomian masyarakat sekitar akan terbantu.

“Tahap awalnya kita (Dinas Lingkungan Hidup) membuat pemetaan lebih dulu. Kemudian, akan memberdayakan tempat-tempat pengolahan sampah mandiri ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Bandung, Asep Kusumah kepada wartawan, Senin (16/1/2017) lalu.

Selain itu, Asep juga mengatakan, dengan keberadaan bank Sampah ini diharapkan tidak ada lagi penumpukan sampah di pinggir jalan maupun di beberapa titik lainya.

“Sampah ini tidak dibuang langsung, melainkan diolah dulu. Kan bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Untuk tahun ini, kata Asep, disiapkan anggaran untuk pengadaan insenelator di tiap-tiap lokasi keberadaan Bank Sampah di 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung. (rmo)

 

loading...

Feeds