Pilkada Cimahi, KPU Baru Sortir Surat Suara

Puluhan PPS dan PPK  mulai melakukan penyortiran surat suara di kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Selasa (24/1/2017).

Puluhan PPS dan PPK mulai melakukan penyortiran surat suara di kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Selasa (24/1/2017).

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sebanyak 50 orang dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai melakukan penyortiran surat suara yang akan digunakan 15 Februari 2017 mendatang. Penyortiran itu dilakukan di kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Selasa (24/1).

Proses penyortiran tersebut dilakukan masing-masing satu orang satu dus yang berisi 1.800 lembar surat suara dan dimulai pukul 11.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Penyortiran sebanyak 387.598 surat suara ini ditargetkan selesai dalam tiga hari ke depan. Jumlah ini merupakan hasil akumalisi dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 375,722 ditambah 2,5 persen surat suara cadangan,” kata Ketua KPU Cimahi Handi Dananjaya, kemarin.

Handi melanjutkan, KPU sendiri memilih pelipatan surat suara langsung dilakukan oleh pihak percetakan karena bahan kertas suara sangat tipis. Jika pelipatan dilakukan oleh masyarakat, dikhawatirkan surat suara malah jadi rusak.

“Jadi kami lebih memilih pelipatannya dilakukan sama percetakan. Karena kami khawatir kalau dilakukan bukan oleh ahlinya,” terangnya.

Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses penyortiran ini, KPU melibatkan pengamanan dari unsur kepolisian, TNI serta Panwas. “Kami berharap setelah penyortiran selesai tidak banyak ditemukan surat suara yang rusak atau cacat,” ucapnya.

Setelah proses sortir selesai, kata dia, surat suara ini akan dikirim ke tiap pantita di masing-masing TPS. Akan tetapi, sebelum didistribusikan ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), KPU akan memanggil para ketua KPPS untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Saya harap dalam proses pemilihan nanti tidak ada lagi kekurangan surat suara maupun logistik lainnya,” tuturnya.

Diakuinya, keterlambatan proses penyortiran tersebut dikarenakan sampul untuk surat suara baru tiba ke Cimahi pada Senin malam pukul 23.30 WIB.

“Seharusnya, penyortiran surat suara sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. Namun, karena sampulnya belum datang, maka penyortiran pun terpaksa ditunda. Alhamdulilah sampul sudah datang dan penyortiran bisa kita lakukan,” pungkasnya. (gat)

loading...

Feeds