DPRD Kota Cimahi Rampungkan Draft Raperda Penanggulangan Bencana

DPRD Kota Cimahi

DPRD Kota Cimahi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – DPRD Kota Cimahi rampungkan draft rancangan Perda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Selain karena amanat undang-undang, raperda tersebut dibahas karena Kota Cimahi masuk kategori daerah rawan bencana.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cimahi, Edi Kanedi menjelaskan, jika dilihat secara geografis dan klimatologis, Kota Cimahi tidak serawan daerah lain. Namun, yang perlu diketahui, ia katakan bahwa Kota Cimahi masuk daerah patahan lembang.

“Di Cimahi Utara itu masuk patahan Lembang. Jelas ini ada potensi bencana. Makanya perda ini harus bisa dibentuk,” katanya saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Selasa (24/1/2017).

Selain itu, pembentukan perda tersebut sudah diamanatkan undang-undang pemerintah nomer 23 tahun 2014 yang menyatakan pemerintah daerah wajib membuat peraturan terkait penanggulangan bencana.

“Legislatif dan eksekuif sudah sepakat terkait Isi dan substansi raperda ini,” ujarnya.

Draft tersebut nantinya akan diserahkan kepada pimpinan sebelum dibuat panitia khusus (pansus) untuk membahas lebih lanjut raperda ini.

Lebih lanjut Edi menilai BPBD belum bisa optimal dalam bekerja. Alasannya, selama ini belum punya aturan regulasi bagaimana bekerja. Dengan adanya Perda penanggulangan bencana, BPBD akan mempunyai semacam SOP yang lebih spesifik dalam bekerja.

“Jika nanti ketika Perda ini berlaku, maka diharapkan kesiapsiagaan BPBD selaku eksekutonya makin maksimal, baik secara perencanaan maupun penanggulangannya,” terangnya.

Disinggung mengapa baru dibahas di tahun ini, Edi mengakui jika amanat UU datang di 2014. Namun, di Kota Cimahi tahun 2015 BPBDnya baru dibentuk.

Dari pantauan, pembahasan yang berlangsung selama dua jam ini dihadiri oleh perwakilan BPBD Kota Cimahi dan bagian hukum Pemerintah Kota Cimahi. (bbb)

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …