Rencana Pembangunan Insinerator di TPA Sarimukti Masih Mentah

Para sopir truk saat sedang menunggu giliran membuang sampah di Sarimukti, Kecamatan CIpatat,

Para sopir truk saat sedang menunggu giliran membuang sampah di Sarimukti, Kecamatan CIpatat,


POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengakui, rencana pembangunan insinerator di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat masih mentah. Dengan demikian, masih diperlukan berbagai persiapan untuk merealisasikannya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko, Senin (23/1). Menurut dia, penerapan teknologi pembangkit listrik bertenaga sampah ini masih harus menempuh berbagai proses.

“Sebelum merealisasikannya, kan harus ada FS (feasibility study/studi kelayakan-red) dulu. Lalu dibuat DED (detail engineering design-red)-nya, kemudian diajukan ke DPRD untuk meminta persetujuan. Jadi ada beberapa proses yang harus ditempuh,” katanya.

Meski demikian, menurut dia, kunjungan jajaran Pemkab Bandung Barat tahun lalu ke Korea Selatan untuk meninjau penerapan insinerator di sana tidak menyalahi aturan. Sebab, kunjungan itu berdasarkan undangan dari calon investor.

Lantaran masih mentah, lanjut dia, saat kunjungan ke Korsel pun Pemkab tidak mengajak jajaran DPRD. Sebab, belum tentu teknologi ini bisa langsung diterapkan dan diterima masyarakat KBB. “Kalau betul-betul sudah matang, nanti juga akan dilaporkan ke DPRD,” katanya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds