Polda Jabar Lakukan Gelar Perkara Kasus Penghinaan Pancasila oleh Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Polda Jawa Barat melakukan gelar perkara kasus penghinaan Pancasila yang diduga dilakukan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Senin (23/1/2017). Gelar perkara dilakukan sebagai lanjutan dari penyidikan yang telah dilakukan setelah melakukan pemeriksaan terhadap pelapor.

“Hari ini (kemarin,red) penyidik Ditreskrimum akan melakukan gelar perkara terhadap kasus penghinaan Pancasila dengan terlapor Habib Rizeiq,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta 748.

Dikatakannya, penyidik menjalani penyidikan panjang untuk melakukan pemeriksaan terhadap terlapor dan saksi sebanyak 15 orang.

“Saksi ahli juga telah kami mintai keterangan,” kata Yusri.

Yusri menegaskan, setelah gelar perkara ini dilakukan barulah pihak kepolisian akan menetapkan status Rizieq dalam kasus penghinaan Pancasila ini. Saat ini Rizieq masih berstatus sebagai saksi terlapor.

Bila terbukti menghina Pancasila, Rizieq akan dikenakan pasal 54 KUHPidana tentang penodaan lambang negara dan Pasal 302 tentang pencemaran nama baik. Dari dua pasal tersebut, ancaman pidana untuk Rizieq total mencapai 4 tahun sembilan bulan.

Polda Jawa Barat menerima limpahan kasus dari Bareskrim Mabes Polri atas laporan Sukmawati Soekarnoputri. Rizieq dilaporkan akhir tahun 2016 atas kasus dugaan penghinaan Pancasila dalam ceramahnya pada tahun 2011. Karena lokasi kejadiannya berada di Bandung, kasus pun dilimpahkan ke Polda Jabar. (nif)

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …