Peresmian Jembatan Pelangi, Ridwan Kamil Minta Warga Hindari Jalur Macet

Flyover Antapani di Kota Bandung

Flyover Antapani di Kota Bandung

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Selasa (24/1/2017) pagi ini, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dipastikan hadir dan meresmikan penggunaan Jembatan Pelangi atau yang melintang di antara Jalan Antapani dan Jalan Terusan Jakarta. Warga Bandungpun disarankan untuk mengindari kawasan tersebut, selama prosesi peresmian agar tak terjebak kemacetan.

“Rencananya kan wapres akan datang, jadi ya pasti akan ada kemacetan di kawasan tersebut,” kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil seraya menghimbau warganya untuk menghindari jalan sekitaran jembatan yang rampung dibangun Desember 2016 itu, Senin (23/1/2017).

Emil pun memohon maaf kepada warga, atas kemacetan yang akan terjadi. ‎Ia menjelaskan, kedatangan wapres dalam peresmian jembatan karena dinilai menjadi inovasi baru yang ada di Indonesia. ‎

“Kenapa diresmikan oleh level wapres? Karena ini inovasi. Kan enggak semua jembatan diresmikan oleh wapres. Jembatan ini memiliki teknologi baru, seperti baja bergelombang melengkung, dengan estimasi biaya lebih murah serta waktu pengerjaan lebih cepat,” ucap Emil.‎

Jembatan Pelangi Antapani ini, lanjut Emil, memiliki infrastruktur yang tidak memiliki kesan kumuh dengan lebih banyak warna dengan mozaik yang terbuat dari potongan keramik.‎ “Ini memberikan contoh bahwa benda infrastruktur yang biasanya kumuh, ini bisa kreatif,” tandasnya.

Terpisah, Kanit Dikyasa Polrestabes Bandung, AKP Dewi Hotijah mengungkapkan, dari hasil gladi, Senin (23/1) kemarin, ada peningkatan atau lonjakan kendaraan, terutama pada pagi hari mulai pukul 07.00-09.00 WIB. “Ternyata, kami di lapangan ini situasinya tidak seperti yang dibayangkan. Bahkan, lebih dari yang dibayangkan,” ujar AKP Dewi di lokasi, Senin (23/1/2017)

Dewi pun meminta warga masyarakat, untuk sesuaikan waktu dengan berangkat lebih pagi atau mencari jalan alternatif menuju tempat tujuan.

Sepanjang kegiatan gladi, Senin (23/1/2017), kepadatan kendaraan tampak dari Jalan Kiaracondong usai flyover Kiaracondong. Dari arah Antapani pun dibuka sebentar jembatan layang untuk kendaraan mobil. Lalu, dari arah Jalan Cicadas pun tampak padat oleh kendaraan baik roda dua maupun empat.

Adapun skema penutupan jalan pada kegiatan peresmian hari ini, Jalan Jakarta ditutup total mulai persimpangan, Jalan Ibrahim Adjie hingga simpang tiga dengan Jalan Sukabumi, karena di lokasi itu akan menjadi area prosesi peresmian Jembatan Pelangi.

Berikutnya, Jalan Ahmad Yani mulai persimpangan dengan Jalan Supratman hingga simpang tiga dengan Jalan Ibrahim Adjie akan diberlakukan dua arah, untuk mengalirkan arus lalu lintas dari Jalan Ibrahim Adjie dan Antapani yang tidak bisa masuk Jalan Jakarta. Penutupan dan rekayasa arus lalu lintas ini, dimulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. (mur/nda)

loading...

Feeds