Jelang Pilkada, Banyak Warga Belum Mempunyai E-KTP, Ini Tanggapan Sekda Jabar

Sekda Jabar Iwa Karniwa

Sekda Jabar Iwa Karniwa

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pilkada serentak yang akan diselenggarakan Februari 2017 ini mendapat perhatian dari Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa. Pasalnya, Iwa  meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Pemkot Tasikmalaya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, untuk segera menuntaskan sejumlah persoalan yang masih tersisa menjelang pemungutan suara yang akan dilaksanakan pertengahan Februari mendatang.

“Ketiga daerah itu (Cimahi, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Bekasi) masih memiliki persoalan yang harus dituntaskan terutama soal daftar pemilih,” kata Iwa.

Iwa mencontohkan Kabupaten Bekasi masih memiliki masalah daftar pemilih tetap (DPT). Berdasarkan laporan yang diterimanya, kata Sekda, hingga saat ini masih ada 118.287 warga Bekasi yang belum melakukan perekaman e-KTP. Padahal, saat ini e-KTP menjadi syarat utama bagi masyarakat untuk bisa mencoblos.

Menurut Iwa, jumlah warga Kabupaten Bekasi yang belum melakukan perekaman e-KTP itu tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu, Iwa meminta agar Pemkab Bekasi melakukan percepatan perekaman e-KTP serta memantau secara ketat agar perekaman bisa tuntas sebelum pencoblosan.

“Sekda Bekasi sudah memerintahkan camat untuk proaktif jemput bola dalam melakukan perekaman,” ujar Iwa.

Selain persoalan DPT, sambung dia, Kabupaten Bekasi juga masih memiliki persoalan terkait pergantian antar waktu (PAW) dua anggota DPRD Bekasi. Sebab, ada dua anggota DPRD Bekasi yang ikut mencalonkan dalam pilkada serentak 2017. Namun, baru seorang yang pengajuan pengunduran dirinya diproses yaitu Abdul Kholid dari PKB.

loading...

Feeds