Bupati Bandung, Dadang M Nasser Beri Sanksi Camat Majalaya, Ini Sebabnya…

Bupati Bandung, Dadang M Nasser

Bupati Bandung, Dadang M Nasser

POJOKJABAR.com, SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser menegur Camat Majalaya Ajat Sudrajat, karena telah memiliki satwa yang dilindungi tanpa surat izin. “Dia (Ajat) memang hobi pelihara hewan. Tapi kalau dia memang pelihara hewan yang dilindungi, harus dikonservasi, tidak dimiliki pribadi,” kata bupati kepada wartawan, Senin (23/1/2017).

Sebelumnya, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat dengan Ditreskrimsus Polda Jabar berhasil menyita sejumlah satwa liar dilindungi di kediaman Camat Majalaya Ajat Sudrajat, di Kampung Rancaenong RT 01 RW 16 Desa Cibodas, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jumat (20/1/17) lalu.

Adapun satwa-satwa liar dilindungi yang disita dari rumah Camat Majalaya itu antara lain seekor Merak Jawa (pavo munticus) dan seekor Elang Bondol (haliatus indus) yang kondisi kakinya luka.

Petugas juga berhasil mengamankan tiga ekor burung bayan (lorius roratus) dan seekor kakatua putih besar jambul kuning (cacatua galerita) dalam kondisi sayap terluka. Selain itu juga turut mengamankan dua buah boffset kepala rusa (cervus timorensis).

“Kami telah beri teguran dan sanksi, semoga ini jadi cacatan buat yang lainnya untuk tidak memelihara hewan yang dilindungi,” kata Dadang Naser.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung, apabila memiliki hewan kesenangan agar ditempuh izin kepemilikanya. BKSDA juga, kata dia, jangan serta merta mengambil, tapi harus ditempuh dulu riwayat kepemilikannya.

loading...

Feeds