Waspadai Peredaran Tembakau Narkoba yang Lagi Ngtren

Ilustrasi Ganja

Ilustrasi Ganja

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Satu lagi narkotika jenis baru yang kini mulai menjadi tren di Indonesia. Tembakau gorila, narkotika yang mengandung zat AB-CHMINACA ini masuk golongan satu sesuai angka 86 dalam Permenkes nomor 2 tahun 2017.

Tembakau gorila masuk dalam daftar narkotika setelah Kementerian Kesehatan merevisi perubahan penggolongan narkotika melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 2 tahun 2017.

“Sebenarnya ini tembakau biasa, namun ada zat kimia yang diteteskan ke tembakau ini sehingga dapat menimbulkan efek halusinasi,” kata Kasatnarkoba Polrestabes Bandung, AKBP Febri Kurniawan Maruf, saat dihubungi, Minggu (22/1/2017),

Dikatakannya, tembakau gorila dikenal juga sebagai ganja sintetis yang dijual dengan harga yang mahal. Saat ini, kata Febri, tembakau gorila ditawarkan secara online dengan harga Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu satu paketnya.

Menurutnya, berdasarkan kasus yang pernah ditanganinya, tembakau gorila diminati kalangan mahasiswa. Namun tak menutup kemungkinan jika peminatnya juga bisa dari berbagai kalangan seperti narkoba jenis lainnya.

“Kami masih menelusuri penjualan dan penggunaan tembakau gorila di Kota Bandung,” tandasnya. (nif)

loading...

Feeds