Pilkada Cimahi : Pengawas TPS Wajib Netral !

Ilustrasi Pilkada

Ilustrasi Pilkada

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi memastikan netralitas 980 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Cimahi 15 Februari mendatang.

Sedikitnya 980 orang pengawas TPS akan dilantik tanggal 22-23 Januari mendatang di aula Hotel Endah Parahyangan Cibeurem, Kota Cimahi. Koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah selesai melaksanakan perekrutan bagi 980 pengawas TPS.

“Sebetulnya yang mendaftar itu ada 1.180 tapi yang dibutuhkan 980 orang sesuai jumlah TPS yang ada di Cimahi,” terangnya.

Dalam perekrutan tersebut, Panwaslu saat ini tinggal menunggu hasil dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk persiapan pelantikan. Apakah sistem pendaftarannya sudah benar atau belum.

“Nanti petugas pengawas lapangan (PPL) yang akan melaporkan ke Panwas tingkat Kota,” katanya.

Dia menjelaskan, meski sebagian dari para calon pengawas TPS tersebut sudah memiliki pengalaman, namun Panwaslu akan tetap memberikan bimbingan teknis. Sebab belum tentu semua calon pengawas TPS ini paham akan kepemiluan. “Kita tetap akan memberikan teori dan alur kerja di lapangan nanti,” ucapnya.

Dalam hal pengawasan, pengawas TPS ini akan melakukan berdasarkan temuan anggota atau dari laporan yang disampaikan masyarakat. setiap laporan yang masuk akan diproses dan dievaluasi apakah terjadi pelanggaran Pemilu atau tidak saat memasuki tahap pungut hitung pada 15 Februari mendatang.

“Tentunya kami berharap, pengawasan terhadap proses pungut hitung harus lebih teliti. Jangan sampai terjadi kecurangan atau masalah apapun. Intinya pengawas TPS harus netral,” pungkasnya. (gat)

 

loading...

Feeds