Jumlah Koperasi di Kabupaten Bandung Barat Terus Menyusut

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat terus mendorong agar keberadaan koperasi mampu berkembang dan maju dalam membangun perekonomian di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat Aos Kaosar mengatakan, 60 persen Koperasi yang masih bertahan di Bandung Barat bergerak di bidang smipan pinjam.

”Saat ini, rata-rata koperasi yang masih bertahan bergerak di bidang simpan pinjam yang mencapai 60 persen. Sementara, koperasi lainnya rata-rata tidak mampu bertahan sehingga memilih untuk berhenti,” kata Aos kepada wartawan di Ngamprah, Jumat (20/01/2017).

Menurut dia, keterampilan, modal dan pemasaran masih menjadi kendala di antara sejumlah koperasi yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Banyak koperasi yang telah lama eksis, namun terkendala oleh persoalan sumber daya manusia, modal dan pemasaran. Keberadaan koperasi-koperasi ini tentunya harus didukung oleh kebijakan dari pemerintah pusat.

”Dukungan pemerintah pusat sangat dibutuhkan seperti untuk memilih jenis usaha agar koperasi itu dapat berkembang. Jangan sampai dibiarkan dan ujung-ujungnya koperasi tersebut tutup,” paparnya.

loading...

Feeds