Kebun Binatang Bandung, Disebut-sebut Bagai “Ladang Penyiksaan”

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Mata dunia sedang menyorot sinis Kebun Binatang Bandung. Tempat yang seharusnya menjadi sarana konservasi satwa itu, disebut-sebut menjadi ladang penyiksaan. Tudingan itu tak sepenuhnya bohong. Pantauan Radar Bandung di lokasi, kemarin, kawanan burung bangao sedang bertampang ceking. Pun demikian dengan koloni beruang madu. Mereka terlihat kurang gizi. Di pojokan areal wahana hiburan warga itu, tiga ekor gajah yang terpasung hanya bisa merenungi hidupnya yang pilu.

Kardit lantas bangkit dari peraduannya tak lama setelah melihat lambaian tangan pengunjung yang berdiri di selasar kandang. Seraya meninggikan pijakan, beruang madu berusia 20 tahun itu kemudian mengadahkan kedua tangannya. Kardit tak henti ‘merengek’. Si pengunjung yang iba lalu melempar sepotong buah pepaya. Suasana Kebun Binatang Bandung, siang kemarin, kembali hening, sesaat beruang madu setinggi satu meter itu makan lahap.

beruang-bandung-bandung-1

kardit, salah satu beruang madu di kebun binatang bandung

Selama hidupnya, Kardit berbagi kandang Riri, Yuli, Bara, Eno. Ya, mereka berlima merupakan satu dari dua kawanan beruang madu yang menghuni Kebun Binatang Bandung. Koloni Kardit hidup di kandang yang letaknya tak jauh dari pintu masuk II. Sedangkan kawanan lainnya berada di ujung areal konservasi yang dikelola Yayasan Margasatwa Tamansari Bandung.

loading...

Feeds