Disdukcapil Kota Cimahi Siapkan Surat Keterangan Pengganti E-KTP

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Surat Keterangan (Suket) bagi warga yang belum memiliki e-KTP sudah disiapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi. Surat tersebut berguna untuk keperluan berbagai administrasi yang membutuhkan keterangan identitas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatanan Sipil, M. Suryadi mengatakan, surat keterangan pengganti e-KTP berlaku selama 6 bulan untuk warga Cimahi yang sudah melakukan perekaman data namun belum mendapat e-KTP.

“Suket ini resmi dikeluarkan oleh pemerintah dan berlaku hingga pencetakan e-KTP kembali berjalan. Sementara ini (pencetakan) terhenti karena blanko habis dari Pusat. Menurut informasi, pengadaan blanko baru dilakukan lagi di tahun 2017,” katanya.

Suryadi menegaskan suket ini sudah ditandatangani Kementrian Dalam Negeri, dan pihaknya akan membantu menginformasikan kepada instansi terkait, seperti bank maupun kepolisian agar segala proses administrasi yang membutuhkan kartu identitas seperti e-KTP bisa digantikan oleh suket.

Selain untuk keperluan administrasi, suket ini pun bisa digunakan masyarakat untuk keperluan mencoblos dalam Pilkada. Pelayanan suket yang dipakai untuk Pilkada bisa dilakukan hingga hari pemungutan suara pada 15 Februari 2017 mendatang.

loading...

Feeds