Setahun, PMI Jawa Barat Salurkan Ratusan Labu Darah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNGĀ – PMI Jawa Barat menyalurkan 396 ribu labu darah selama 2016. Penyaluran itu berdasarkan permintaan masyarakat yang membutuhkan donor darah.

“Alhamdulilah untuk tahun kemarin terpenuhi,” ucap Ketua PMI Jabar Adang Rohyana kepada wartawan di Monumen Perjuangan, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Selasa (17/1/2017).

Dikatakan Adang, pasokan labu darah di Jabar 400.000 labu pada 2016. Ratusan ribu labu darah itu merupakan sumbangan darah dari pendonor ke unit pengelolaan donor darah PMI yang ada di setiap kota atau kabupaten.

“Untuk tahun ini kami mencoba menyiapkan 450.000 labu darah, ” kata Adang. Adapun persiapan itu untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap labu darah.

Diakui Adang, beberapa unit pengelola donor darah PMI masih kekurangan pendonor. Namun kekuarangan itu tak mempengaruhi kebutuhan darah di wilayahnya.

“beberapa kota/kabupaten yang berlebihan pendonor memasok kebutuhan darah di daerah yang kurang,” paparnya.

Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto, mengatakan, kebutuhan darah di Kota Bandung mencapai 500 labu setiap harinya. Kebutuhan itu, kata dia, masih terpenuhi lantaran minat masyarakat Kota Bandung untuk mendonorkan darah cukup tinggi.

“Donor darah bagi masyarakat Kota Bandung sudah hampir gaya hidup. Dia merasa gagah dan cantik kalau sudah donor darah,” ujarnya.

Tak hanya memenuhi kebutuhan Kota Bandung, Ade mengatakan, pihaknya juga sanggup memasok labu darah ke sejumlah daerah yang kekurangan. Ia pun berharap tren pendonor terus meningkat tiap tahunnya.

“Mendonor itu tak hanya menyelamatkan orang lain yang membutuhkan. Pendonor juga akan sehat jika mendonorkan darahnya,” pungkasnya.(nda)

loading...

Feeds