Eksistensi Wisata di Wilayah Bandung Utara dan Timur Tenggelam

Wisata alam Curug Cinulang di Cicalengka Kabupaten Bandung

Wisata alam Curug Cinulang di Cicalengka Kabupaten Bandung

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Rully Jaya Permana mengatakan pihaknya akan mendorong terus potensi wisata yang ada di wilayah utara dan timur Bandung.

“Saat ini sedang kami kelompok-kelompokan terlebih dahulu di mana wisata agro pertanian dan wisata tujuannya, jangan wilayah selatan saja yang jago, tempat wisata di wilayah utara yang jago juga harus dimaksimalkan,” tutur Rully Jaya Permana kepada Radar Bandung, Senin (16/1/2017).

Lebih lanjut, Rully menuturkan pihaknya sedang melakukan kajian kepada setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung.

“Untuk kajian, kita cuma butuh waktu satu tahun. Iya, tahun anggaran 2017 ini harus selesai,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjut Rully, tidak harus semua kecamatan memiliki tempat wisata, “Tapi kita inginnya semua kecamatan. Bahkan kalau perlu ada produk dari setiap desa. Untuk itu, kita akan berkoordinasi lagi dengan BPMPD terkait hal ini, agar terlihat masing-masing desa dengan produk unggulannya,” ujarnya.

Saat ini pemerintah daerah juga tengah mengupayakan eksistensi potensi wisata di Curug Cinulang di Desa Tanjung Wangi, Kecamatan Cicalengka.

“Untuk mengoptimalkannya, tahun ini kita akan buat masterplan dulu, lahannya di mana saja, apa saja potensinya, bisa atau tidak, jadi kita sedang melakukan kajian,” ujarnya.

Rully melanjutkan kajian tersebut akan lebih berfokus kepada uji geologi dan inovasi.

“Kita akan perhatikan lagi detil-detil teknis seperti pemasangan fondasi, apakah nanti berpotensi longsor. Karena berdasarkan syarat, kalau kemiringan lebih dari 40 derajat, maka tidak boleh dibangun, kalau pun terpaksa dibangun, syarat teknologinya seperti apa,” tuturnya.

Rully mengatakan Curug Cinulang sendiri memiliki nilai jual dan daya tarik yang unik seperti pemandangan dan pesona alamnya.

“Secara daya tarik sudah ada, berarti kita juga akan lakukan kajian untuk inovasi di Curug Cinulang itu agar nantinya bisa sustainable,” pungkasnya. (fer)

 

loading...

Feeds