Relokasi PKL Cicadas, Para Pedagang Cicadas Takut Rugi

pkl di cicadas

pkl di cicadas

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas Jalan Ahmad Yani membuat para pedagang resah. Mereka (PKL, red) merasa nasibnya tidak akan menguntungkan, yang ada hanya merugi dengan menurunnya omzet pendapatan.

“Sudah lima bulan lalu kita diberitahu soal adanya rencana relokasi ini,” ujar salah seorang PKL Taufik G (51) saat ditemui di kawasan Cicadas, Minggu (15/1/2017).

Ia pribadi tidak menolak soal rencana relokasi yang ditargetkan Pemkot Bandung pada Maret mendatang. Hanya saja, pemerintah harus benar-benar matang dalam perencanaan.

Pasalnya ia tak ingin, nasib tak menguntungkan bakal didapat setelah berpindah ke tempat relokasi. Alih-alih menguntungkan, yang ada hanya merugi dengan menurunnya omzet pendapatan.

“Intinya kita mendukung program Pemkot, tetapi harus realistis. Artinya pemerintah harus sudah siap, jangan sampai kita dipindah pendapatan kita berkurang. Yang sudah saja (Kosambi) pada ke jalan lagi,” ujarnya.

Dari informasi sebelumnya, tempat relokasi PKL Cicadas disebut Taufik berada di atas lahan eks Matahari tak jauh dari lokasi ia berjualan saat ini. Hanya saja pihaknya belum mengetahui detail informasi tersebut.

“Katanya dibekas Gedung Matahari. Kita juga tidak tahu berapa harga sewanya nanti, fasilitas apa saja yang kita dapat. Inginnya, harga sewa nanti tidak memberatkan kita sebagai pedagang,” kata dia.

Rupanya, rencana relokasi PKL Cicadas ke eks Gedung Matahari tak diamini seluruh pedagang. Amas (52), adalah salah satu pedagang yang tidak setuju soal rencana Pemkot Bandung ini. Ia memilih tetap beraktivitas dilokasi saat ini. “Maunya sih kita tetap berjualan disini, kan bisa ditata lebih baik supaya tidak terkesan kumuh. Kita bisa kok bikin bersih dan rapih,” kata Amas.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Dadang Iriana mengaku sudah meminta bantuan kepada sejumlah tokoh agama maupun tokoh masyarakat guna mensukseskan rencana relokasi PKL Cicadas.

“Untuk jumlah pasti yang akan direlokasi kita belum mengetahui pastinya, karena kita belum melakukan pendataan. Kita akan koordinasi dengan PD Pasar terkait penataan ini,” ujar Dadang.

Relokasi PKL Cicadas, ditargetkan pihaknya dalam waktu tiga bulan ke depan. Guna memuluskan rencana, Satpol PP Kota Bandung dan dinas terkait bakal terus melakukan sosialisasi. Sehingga tidak ada alasan PKL tidak mengetahui. “Harapan kita tiga bulan ke depan bisa dilaksanakan,” tandasnya.

Kawasan Ahmad Yani (Cicadas) menjadi target Pemkot Bandung dalam hal penataan PKL. Sebelumnya Pemkot Bandung telah berhasil merelokasi beberapa titik PKL seperti PKL Merdeka, Alun-alun, Dayang Sumbi, Tegalega, Dayang Sumbi dan PKL Kosambi. (arh)

loading...

Feeds