Bupati Kabupaten Bandung Ini Siap Tindak Tegas Pelaku Pungli

Dadang M. Naser

Dadang M. Naser

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Bupati Bandung Dadang M Naser akan menindak tegas kepala sekolah yang melakukan Pungutan Liar (Pungli) di wilayah Kabupaten Bandung. Pasalnya, sebelumnya telah beredar informasi mengenai salah satu (SD) di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Arjasari yang diduga melakukan tindak pungli terhadap para siswa.

“Jika itu benar dilakukan oleh kepala sekolah,saya akan mencopotnya dan kepala sekolah tersebut jabatannya akan diturunkan menjadi guru, jika pungli tersebut dilakukan oleh guru pihaknya akan memberi surat peringatan (SP) dua dan tiga melalui Dinas Pendidikan dan guru tersebut akan distafkan,” tegasnya kepada wartawan, Minggu (15/01/2017).

Dugaan pungli tersebut dilakukan sekolah dengan memungut uang dari orang tua siswa. Sekolah diduga melakukan penjualan artibut sekolah seperti dasi, topi, buku dan pembayaran renang kolektif. Siswa diwajibkan mengikuti empat kali renang dalam satu semester yang dimana satu kali renang harus membayar Rp 15000, bahkan untuk kebutuhan sertijab kepala sekolah juga dibebankan kepada orangtua siswa yang harus melakukan iuran.

Menurut Dadang, apabila belum mendapatkan laporan resmi dari sekolah dan UPTD terkait dirinya mengecam akan mencopot Jabatan Kepala Sekolah tersebut. Mendapat laporan tersebut dari wartawan, Dadang mengatakan pihaknya akan langsung melakukan monitoring evaluasi (monev) terhadap sekolah-sekolah yang diindikasi masih melakukan pungli.

“Kita lakukan monitoring dan evaluasi kepada sekolah-sekolah yang diindikasikan masih melakuakan pungutan liar,” terang Dadang.

loading...

Feeds