Perizinan Online Hilangkan Kebiasaan Pungli

Ilustrasi Program E-Goverment.

Ilustrasi Program E-Goverment.

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Bandung, Iwa Gartiwa, mengharapkan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru ditetapkan awal Januari 2017 lalu, bisa bekerja lebih baik dalam pelayanan kepada warga, khususnya proses perizinan yang mudah dan cepat bagi pengusaha.

“Sekarang proses perizinan sudah berbasis online, kami harap bisa lebih dipercepat. Karena selama ini pengurusannya selalu memakan waktu, sementara setiap pengusaha memerlukan kecepatan,” ucap, Iwa, saat dihubungi, Kamis (12/1/2017).

Dikatakan Iwa, dari segi keluhan seperti pungutan liar pihaknya menjamin hal tersebut sudah tidak ada. Sebab, tim Saber pungli sudah mulai bertugas untuk mengawasi segala bentuk kecurangan dan penyelewengan.

“Tarifnya sudah sesuai ketentuan dan tidak ada lagi biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Namun, kami meminta tingkat kecepatan harus dimaksimalkan, mungkin perizinan usaha awalnya tiga pekan bisa selesai satu pekan,” tambah Iwa.

Iwa menyebut, selama ini lamanya proses perizinan dikarenakan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Pasalnya, sistem perizinan secara online tidak seimbang dengan jumlah pekerja, sehingga terjadi keterbatasan waktu.

‚ÄúSekarang SOTK-nya sudah ada tinggal berjalan,”jelanya.

Diungkapkan Iwa, kenapa pihaknya bersikukuh mengharapkan proses perizinan bagi setiap pengusaha lebih cepat. Alasanya, jumlah pengusaha di Kota Bandung baru 4 persen dari total penduduk, masih jauh dari jumlah yang diharapkan yakni delapan persen.

“Selama ini kami tetap konsisten untuk penambahan pengusaha. Kami berharap jumlah pengusaha di Kota Bandung terus meningkat, maka dari itu proses perizinan yang mudah dan cepat harus ditingkatkan,” pungkasnya. (arh)

 

loading...

Feeds