Pemkot Cimahi Tambah Ribuan Penerangan Jalan Umum di Jalanan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi akan menambah fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di tahun ini. Rencananya, fasilitas tersebut akan dipasang di 2.366 titik yang tersebar di Kota Cimahi.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Endang di Kompleks Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, kemarin.

Ia mengatakan, pemasangan fasilitas penerangan jalan selain untuk kepentingan umum, juga bertujuan sebagai antisipasi tindak kejahatan.

“Kami berusaha untuk mencegah tindakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi jalan yang gelap,” katanya.

Pemasangan fasilitas penerangan itu ia katakan akan dipasang di beberapa titik. Selain di jalan besar, juga di gang-gang kecil.

Dari jumlah total sebanyak 2.366 titik, pemasangan di jalan besar dilakukan di 491 titik, sisanya dipasang di gang-gang kecil.

Pemasangan PJU tersebut diantaranya di Jln. Kebon Kopi, Jln. Jati, Jln. Pasar Atas, Jln. Sangkuriang, Jln. Cipageran, dan Jln. Kamarung. Pemasangannya direncanakan pada bulan April atau Mei 2017.

Dalam pelaksanaannya, ada sebagian fasilitas penerangan jalan yang lama direvitalisasi dengan yang baru. Contohnya yang berada di jalan kebon kopi.

“Di Jalan Kebon Kopi masih ada fasilitas penerangan yang jaraknya tidak ideal. Terlalu jauh. Jarak antar tiang PJU agar tidak ada blank spot harus antara 25 sampai 30 meter,” jelasnya.

Endang mengklaim, di tahun 2016 hampir semua jalan yang masuk kategori rawan kriminalitas sudah dipasang fasilitas penerangan jalan.

Pihaknya menargetkan fasilitas tersebut dipasang di 9.000 titik gang. Sejauh ini, selama tahun 2016 realisasi pemasangan fasilitas penerangan jalan umum sudah terpasang di 3.600 titik.

“Untuk tahun ini kan rencananya dipasang di 2.366 titik. Target 2018 tuntas,” tukasnya. (bbb)

 

loading...

Feeds