Ratusan CPNS Ilegal Tertipu, Katanya Diundang Sama Pak Gubernur, Ternyata…

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Ratusan orang berseragam khas pegawai negeri sipil (PNS) harus menahan malu sekaligus sedih ketika menggeruduk Gedung Sate, Kamis (12/1/2017) pukul 12.00. Mereka mengaku diundang acara pembekalan calon pegawai negeri sipil (CPNS) oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan selama 10 hari. Namun ternyata itu palsu, setelah pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyatakan tidak ada penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Jabar.

Berdasar laporan salah seorang korban, dirinya bersama korban lain sempat percaya bahwa penerimaan CPNS tersebut legal.

Ia menceritakan sejak tahun 2013, dirinya bersama 700-an orang lainnya selalu diundang dalam kegiatan diklat serta pembekalan yang diadakan tersangka yang mengatasnamakan Ormas Komando Bela Negara.

“Diundang beberapa kali, katanya diklat, pernah diklat di Cimahi, kemudian tahun 2016 di gedung namanya diklat Mendagri Jayagiri Lembang,” ucap wanita yang enggan disebutkan namanya.

Para korban juga sempat dites urine untuk memastikan tidak ada yang memakai narkoba. Selain itu, alur yang digunakan tersangka pun begitu sistematis sehingga para korban langsung percaya.

“Pengarahan masuk CPNS dan alurnya, banyak yang datang, petugas (pengarah) hampir sama dengan PNS, pake bajunya komplit. Jadi kita percaya,” jelasnya.

Dia mengaku, kejadian ini terjadi sejak tahun 2013 silam. Dirinya mendapat kabar bahwa ada penerimaan CPNS lewat jalur titipan dari salah seorang kenalan. Dirinya kemudian harus menyetorkan uang hingga 100 juta perorang, bahkan ada yang melebihi ratusan juta.

“Saya baru masuk setengahnya, tapi saya ngobrol ada yang udah masukin 120 juta,” ucapnya.

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …