Lhoo… Penduduk Kota Cimahi Mendadak Nambah Seribu

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mencatat data adanya pertumbuhan jumlah penduduk di tahun 2016 bertambah hingga 1.000 jiwa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Disdukcapil Kita Cimahi, M Suryadi mengatakan dari data yang ada, jumlah penduduk tahun 2016 mencapai 521.909, sedangkan tahun 2015 hanya sekitar 520 ribu jiwa.

“Rinciannya, dari data yang kmi punya, penduduk di Kota Cimahi tahun 2016 di Kecamatan Cimahi Utara mencapai 151.245, Cimahi Tengah 150.637 dan Cimahi Selatan 220.027 jiwa,” terangnya.

Disinggung mengenai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cimahi, penduduk Kota Cimahi tahun 2015 mencapai 586.580 jiwa atau mengalami peningkatan sebesar 1,31 persen dari tahun sebelumnya.

Suryadi menjelaskan, angka tersebut memang berbeda dengan data dari Disdukcapil Kota Cimahi. Pasalnya, pola pendataan yang dilakukan oleh BPS dan Disdukcapil berbeda.

“Kalau kita mendata warga Cimahi manakala sudah mengurus administrasi di Cimahi. Walaupun dia di sini sudah bertahun-tahun, tapi masih KTP kampung (asal), kalau di kependudukan tidak dicatat sebagai penduduk Cimahi,” jelas Suryadi.

Sementara BPS, kata Suryadi, pendataanya dilakukan jika seorang warga yang sudah tinggal enam bulan di Cimahi maka akan ikut didata.

Dikatakan Suryadi, penambahan penduduk di Kota Cimahi datang dari berbagai sektor. Namun, yang paling tinggi dari pertumbuhan penduduk itu dikarenakan warga yang pindah datang.

Salah satu yang menjadi daya tarik warga daerah lain mendatangi Kota Cimahi adalah industri. Kebanyakan dari mereka ia sebut mempunyai tujuan untuk bekerja.

Pertumbuhan tersebut ia khawatirkan tidak terkontrol, sehingga bisa membuat kepadatan penduduk. Apalagi, Kota Cimahi hanya mempunyai luas wilayah 40,2 km2. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds