Polda Jabar Bongkar Sindikat Perdagangan Satwa Dilindungi di Bandung Barat

Personel Polda Jabar memperlihatkan Kukang Jawa usia ekspos di Mapolda Jabar

Personel Polda Jabar memperlihatkan Kukang Jawa usia ekspos di Mapolda Jabar

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG – SUBDIT I Indag Ditkrimsus Polda Jabar membongkar sindikat satwa yang dilindungi, Kukang Jawa (nycticebus javanicus), di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (18/10), ada lima tersangka yang sudah diamankan oleh kepolisian.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus didampingi Wadir Krimsus Polda Jabar AKBP Diky Budiman, mengungkapkan anggota sindikat perdagangan hewan langka tersebut berinisal AS, HA, BF, K, dan T.

“Dua dari lima tersangka yaitu AS dan K merupakan pengepul. Sedangkan tiga lainnya merupakan pemburu,” ujarnya di Mapolda Jabar, Selasa (18/20/2016).

Diky mencurigai masih ada tiga pemburu dan dua pengepul lagi yang DPO. Diky menjelaskan terungkapnya sindikat perdagangan hewan dilindungi jenis kukang tersebut berawal dari laporan LSM satwa International Animal Rescue yang menginformasikan adanya perdagangan kukang di media sosial.

“Dari informasi tersebut, kita melakukan penyelidikan kurang lebih tiga minggu yang dipimpin langsung Kasubdit I Indag Ditkrimsus Polda Jabar AKBP Andriansyah. Alhasil, penyidik mendapatkan informasi akan adanya transaksi,” kata Diky.

Kelima tersangka dikenai pasal 40 Jo Pasal 21 ayat (2) Undang-undang RI No.5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam Hayati dan ekosistemnya Jo peraturan pemerintah No.7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000. Ada pun barang bukti yang sudah diamankan 34 Kukang.(nda)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …