Pelayanan E-KTP di Kota Dihentikan Sementara, Ini Penyebabnya…

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi dihentikan sementara. Hal itu disebabkan sistem cetak di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) error.

Kepala Seksi Sistem Informasi Kependudukan Disdukcapil Kota Cimahi Indra Yusnan belum bisa memastikan kapan pelayanan bisa kembali dilaksanakan.

“Pelayanan pembuatan E KTP terganggu karena aplikasi pencetakan dari Kementerian Dalam Negeri RI tak bisa diakses. Pelayanan bisa dilanjutkan jika sistem sudah diperbaiki,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak menerima pemberitahuan terkait gangguan tersebut dari pemerintah pusat. Padahal, jika ada pemberitahuan lebih dulu, pihaknya bisa menginformasikan ke masyarakat.

“Kasihan tadi ada warga yang datang tapi tidak terlayani,” ujarnya.

Ia berharap sistem pusat bisa segera diperbaiki dan diakses kembali. Pasalnya, Disdukcapil ingin seluruh masyarakt segera mendapatkan E-KTP sebelum tenggat waktu yang diberikan pemerintah pusat pada 30 September mendatang.

Ia melanjutkan, dari sekitar 4.000 E-KTP yang terlambat dicetak, sejauh ini Disdukcapil telah mencetak lebih dari setengahnya, walaupun belum seluruh E-KTP yang tercetak sudah didistribusikan.

Penduduk Cimahi yang wajib memiliki E-KTP berjumlah sekitar 369 ribu orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 360 ribu orang telah memiliki E-KTP, sedangkan dari sekitar 9 ribu orang yang tersisa belum memiliki E-KTP tinggal sekitar 5 ribu orang yang belum melakukan perekaman.

Sebelum adanya gangguan error aplikasi, Disdukcapil Kota Cimahi targetkan bisa melayani 200 orang untuk perekaman.

“Mudah-mudahan cepat bisa normal lagi sistemnya. Karena kami harus kejar target melayani masyarakat,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds