Atasi Banyaknya Pengangguran, Pemkot Cimahi Ciptakan Program Edukasi

Ilustrasi Pengangguran

Ilustrasi Pengangguran


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Angka pengangguran didominasi dari arus urbanisasi dan warga lulusan SMA/SMK. Beberapa program Pemerintah Kota Cimahi dalam mengentaskan permasalahan lahan pekerjaan, masih belum maksimal.

Demikian disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar kepada wartawan, belum lama ini. Pemerintah Kota mempunyai program mengedukasi murid sekolah tentang pengembangan diri dalam beragam hal. Diantaranya pemanfaatan potensi diri dalam bidang ekonomi kreatif.

“Program tersebut bagaimana caranya siswa yang baru lulus ini bisa memanfaatkan potensi diri untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Sudah mulai walaupun belum signifikan,” ujarnya.

Adanya program tersebut dibuat karena menilai sektor UMKM dianggap menjadi salah satu solusi atas permasalah tersebut. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang menganggap lulusan sekolah menengah tidak bisa bersaing dengan lulusan universitas.

Meski tidak menyebut angka pasti, Benny mengatakan potensi pengangguran lulusan sekolah menengah sangat tinggi. “Jika dari 3.000 siswa tingkat menengah yang lulus, hanya sekitar 30 persen saja yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Artinya sisanya itu jadi potensi pengangguran,” katanya.

Selain itu, arus urbanisasi permasalahan serupa. Warga dari daerah lain yang mencari pekerjaan mengalami kendala karena dunia industri sedang mengalami kelesuan, ang mebuat lapangan pekerjaan terbatas.

Untuk meminimalisir hal itu, Pemerintah Kota Cimahi melalui Disdukcapil Kota Cimahi mewacanakan pembatasan Kartu Izin Penduduk Sementara (Kipem) bagi para pendatang. “Pembuatan kartu izin akan dibenahi lagi,” ujar Benny.

Sementara itu, Hasil pendataan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Cimahi, tercatat 14.265 penduduk Kota Cimahi menganggur.

Pendataan dilakukan medio Maret 2016 di 15 kelurahan dengan melibatkan ketua RT dan RW di wilayah masing-masing. Demikian disampaikan Kepala Dinsosnakertrans Kota Cimahi, Supendi Heryadi melalui Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja, Dida Hadingsih, mengatakan, menuturkan, jumlah pengangguran yang diketahui lewat pendataan merupakan warga asli Cimahi.

Pihaknya juga melakukan pemantauan warga yang akan mencari pekerjaan di luar Cimahi. Hingga Mei 2016, warga Cimahi yang mencari pekerjaan mencapai 1.364 orang, dimana 1.049 orang diantaranya adalah lulusan SMA, 98 orang lulusan SMK dan 11 orang lulusan SMP. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds