Pemkot Cimahi Klaim Jalan di Kota Cimahi Siap Dilalui Pemudik

Pengendara melintasi jalanan di Kota Cimahi. Dishub Cimahi mengklaim seluruh ruas jalan di Kota Cimahi dalam kategori dengan kondisi baik dan siap dilalui pemudik jelang hari Lebaran.

Pengendara melintasi jalanan di Kota Cimahi. Dishub Cimahi mengklaim seluruh ruas jalan di Kota Cimahi dalam kategori dengan kondisi baik dan siap dilalui pemudik jelang hari Lebaran.


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Seluruh ruas jalan di Kota Cimahi dalam kategori dengan kondisi baik dan siap dilalui pemudik jelang hari Lebaran. Untuk menambah keamanan pengendara, Pemerintah Kota melengkapi beberapa ruas jalan dengan Closed Circuit Television (CCTV) sekaligus untuk memantau kepadatan lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Kosasih setelah meninjau langsung kondisi jalan dan jalur lalulintas di Kota Cimahi.

Dishub menggandeng Dinas Pekerjaan Umum (PU), Satpol PP dan Satlantas Polres Cimahi dalam melakukan peninjauan. “Berdasarkan hasil peninjauan tersebut, semua jalur di Kota Cimahi sudah siap untuk dilalui para pemudik,” ujar Kosasih, Rabu (16/6).

Ia mengatakan, titik yang dipantau petugas gabungan ini diantaranya, Cibeureum, Mahar Martanegara, Kerkof, Pasar Baros, Dustira, Pasar Antri, Sriwijaya, Gandawijaya, Pojok, Sangkuriang, Citeureup, Demang Harhakusumah, dan Pesantren.

Peninjauan juga meliputi titik pantau rawan kemacetan, rawan kecelakaan, potensi pasar tumpah, potensi parkir yang mempengaruhi arus lalulintas.

Dishub Kota Cimahi juga, Kosasih katakan akan memantau arus mudik melalui kamera CCTV yang sudah dipasang di beberapa titik, seperti persimpangan Pemkot Cimahi, Simpang Kebon Kopi, Bundaran Leuwigajah, sekitar Alun-alun Cimahi, Cihanjuang, Cimahi Mall, dan persimpangan Citeureup-Kolonel Masturi.

“CCTV ini beroperasi setiap hari, fungsinya adalah sebagai pengawasan kepadatan lalu lintas disekitar. Sehingga jika ada kepadatan arus lalu lintas, anggota kami dapat langsung melakukan penguraian,” terangnya.

Selain itu, CCTV berfungsi untuk melakukan alternatif perpindahan arus apabila dengan rekayasa lalulintas.
Lebih lanjut Kosasih mengatakan, pentingnya peninjauan jalan karena, jalur utama di wilayah Cimahi merupakan jalur muara dari berbagai jalan. Untuk memperlancar arus laulintas, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi dalam pelaksanaannya nanti.

“Selain akan menerjunkan petugas Dishub dalam menjaga arus lalulintas, kami juga akan meminta bantuan kepada pihak kepolisian,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds