Disdukcapil Kota Cimahi Luncurkan Paket Three In One

Kegiatan di Disdukcapil kota cimahi

Kegiatan di Disdukcapil kota cimahi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disukcapil) Kota Cimahi tengah menyiapkan paket administrasi kependudukan bagi warga Cimahi yang diperkirakan mulai dilakukan pada bulan Mei mendatang. Nantinya, warga yang mengurus administrasi kependudukan, akan mendapatkan beberapa surat kependudukan yang lain.
Kabid Kependudukan Disdukcapil Kota Cimahi, Dessy Setiawati mengatakan, paket pelayanan baru tersebut akan diberi nama paket Three In One.

“Paket tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis paket pelayanan yang berbeda. Setiap paketnya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan administrasi masyarakat,” katanya.

Paket yang pertama, Dessi katakan, ketika warga ingin mengurus paket tersebut berupa akte kelahiran anak, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kemudian paket yang kedua, ketika warga luar Kota Cimahi yang ingin pindah ke Cimahi lalu ingin mengurus surat pindah, warga tersebut akan langsung mendapatkan tiga surat administrasi kependudukan. Seperti surat pindah, kemudian KK, dan kemudian KTP-L.

KTP-L sendiri merupakan pengganti E-KTP yang berganti nama sejak perubahan Undang-undang. Bukan hanya itu, dalam UU nomor 23 tahun 2006 dikatakan bahwa E-KTP berlaku sampai 5 tahun. Setelah direvisi menjadi UU 24 tahun 2013 maka KTP-L akan diberlakukan seumur hidup.

Paket ketiga terkait akte kematian. Jika warga akan mengurus akte kematian keluarga atau suaminya, maka warga tersebut akan mendapatkan KK yang baru, akte kematian serta KTP-L yang baru.

Kemudian paket yang terakhir adalah paket admisnitrasi perceraian. Jika warga ingin mendaftarkan perceraian, maka warga tersebut akan mendapatkan surat administrasi kependudukan yang baru.

Rencananya, Disdukcapil Kota Cimahi akan melakukan sosialisasi paket Three In One tersebut pada bulan Mei mendatang. Sekaligus rencananya disatukan dengan sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA).

Paket administrasi kependudukan, terang Dessy, direncanakan akan dimulai sekitar tanggal 15 Mei 2016. Jadi ketika tanggal 22 Mei dilakukan sosialisasi, itu diharapkan berbarengan dengan launching paket dan KIA. “Tangal 15 mei berharap itu sudah jalan nanti tanggal 22 (Mei 2016) itu sudah hal yang pantas kita launhcingkan,” bebernya.

Ia menegaskan, warga yang akan mengurus administrasi kependudukan dari mulai KIA hingga paket Three In One, tidak akan dipungut biaya. Untuk itu, Disdukcapil menghimbau agar masyarakat mengurus langsung sendiri. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds