Lembang Bandung Barat Masih Kekurangan Guru Berstatus PNS

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lembang masih kekurangan guru pegawai negeri sipil (PNS). Saat ini, guru berstatus PNS tercatat ada 400 guru yang tersebar di 62 sekolah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan SD dan PAUD Kecamatan Lembang Budiyanto mengatakan, jumlah tersebut belum ideal dengan kebutuhan mengajar di masing-masing sekolah yang ada di Kecamatan Lembang.

“Seharusnya guru PNS itu disesuaikan dengan jumlah romble yang saat ini mencapai 628 romble di Lembang. Artinya, jumlah guru PNS-nya juga di angka 628 orang,” kata Budiyanto kepada wartawan di Lembang, kemarin.

Menurut Budianto, bahwa Kekurangan guru PNS untuk tingkat sekolah dasar tersebut sudah dilaporkan dalam kurun waktu 3 bulan sekali kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat. Apalagi, kekhawatirannya dalam menghadapi kekuruangan guru PNS yang akan memasuki masa pensiun.

“Pada rapat 3 bulan sekali kita sampaikan terkait kondisi tenaga pengajar maupun soal jumlah siswa. Semua laporan yang disampaikan dalam rangka melakukan evaluasi di setiap wilayah termasuk di Lembang,” ujarnya..

Walaupun jumlah guru PNS masih minim, lanjut Budiyanto, kehadiran guru honorer juga tidak kalah hebatnya dengan guru PNS. Guru honorer yang ada di Lembang memiliki kualitas mengajar yang luar biasa. Bahkan, loyalitas mereka dalam mengajar perlu diapresiasi.

“Untuk kualitas mengajar guru honorer disini tidak kalah hebat. Mereka sangat rajin, loyal dalam mengajar sesuai dengan aturan sekolah yang diberikan,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, jumlah guru honorer yang ada di Kecamatan Lembang mencapai 400 guru honorer. Jumlah ini untuk menutupi kekurangan guru PNS di masing-masing sekolah.

“Kita berharap memang ada tambahan guru PNS ke depannya. Namun, kami juga saat ini terbantu dengan hadirnya para guru honorer tersebut. Mutu mereka dalam mengajar tidak usah diragukan lagi,” katanya.

Di wilayah Lembang, setap tahun jumlah siswa SD terus mengalami peningkatan. Saat ini, ada 18 ribu siswa mulai dari kelas 1-6. Dari total jumlah siswa tersebut, sebanyak 3.220 siswa akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada Mei mendatang.

“Anak-anak yang akan mengikuti UN ini sudah dipersiapkan semaksimal mungkin. Terutama kesiapan sekolah dan juga tenaga pengajarnya. Kita ingin mensukseskan UN di Lembang berjalan baik dan diikuti 100 persen,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, pihaknya juga sempat menghadiri rapat koordinasi dengan para kepala sekolah dan tenaga pengajar untuk menyatukan visi mensukseskan UN yang akan digelar dalam waktu dekat. “Kami berikan arahan, pembekalan kepada setiap kepala sekolah dan guru dalam menghadapi UN nanti. Mudah-mudahan harapan kami semua berjalan lancar,” pungkasnya. (bie)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds