Pemkot Cimahi Periksa Label SNI pada Produk Elektronik di Kota CImahi

tim terpadu Pemerintah Kota Cimahi melakukan pemeriksaan label Standar Nasional Indonesia (SNI) di sejumlah toko elektronik di Jln. Gandawijaya Kota Cimahi.

tim terpadu Pemerintah Kota Cimahi melakukan pemeriksaan label Standar Nasional Indonesia (SNI) di sejumlah toko elektronik di Jln. Gandawijaya Kota Cimahi.


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Untuk menjamin keselamatan sekaligus perlindungan terhadap konsumen, tim terpadu Pemerintah Kota Cimahi melakukan pemeriksaan label Standar Nasional Indonesia (SNI) di sejumlah toko elektronik di Jln. Gandawijaya Kota Cimahi.

“Pemeriksaan label SNI pada barang elektronik dilakukan sesuai aturan. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka perlindungan konsumen sebagai pemakai produk elektronik,” ujar Kabid. Industri dan Perdagangan (Indag) Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi, Fitriandi, Jumat (19/2).

Dalam pemeriksaan itu, petugas lebih fokus terhadap produk elektronik yang intensitas pemakaiannya cukup tinggi. Seperti, kipas angin, setrika, dan lampu penerangan.

Mereka memeriksa dan memastikan label SNI terdapat pada bagian bawah produk, bagian muka, serta pada kemasan dan buku petunjuk atau lembar keterangan produk.

Standar Nasional Indonesia (SNI) ia katakan satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Balai Sertifikasi.

Untuk itu, ia menegaskan jika produk yang kualitasnya tidak sesuai standar SNI, tidak diijinkan beredar di pasaran.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas mendapati produk elektronik bernomor SNI tidak sesuai antara produk dan kemasan. Untuk itu, produk yang bersangkutan tidak boleh dijual dulu. “Tiap produk dan kemasan harus disertifikasi. Kalau ada yang berbeda harus ditunda dulu,” ucapnya.

Setelah pemeriksaan, ia mengakui sosialisasi kepada masyarakat perlu dilakukan. Hal itu untuk meningkatkan kesadaran akan label SNI.

Selain itu, agar para konsumen ikut aktif mengawasi peredaran produk yang tidak sesuai standarisasi demi menjaga keamanan, keselamatan, maupun kesehatan konsumen. “Kepedulian masyarakat terhadap produk berlabel SNI, tentu harus dilakukan sosialisasi ke masyarakat,” katanya.

Salah seorang pemilik toko elektronik, Santoso, menyambut baik pemeriksaan label SNI pada produk oleh pihak Pemerintah Kota. “Kegiatan (pemeriksaan) ini bagus, jadi ada kepastian buat konsumen bahwa barang yang kami jual SNI-nya resmi,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds