Hari Ini 6 Kepala Daerah di Jabar Dilantik di Gedung Merdeka Bandung

Ratusan personel kepolisian saat mengikuti gladi resik pelantikan walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (16/2).

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Polrestabes Bandung menggelar gladi resik pelantikan walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (16/2).

Untuk mengantisipasi sejumlah ancaman pada saat pelantikan enam kepala daerah Jawa Barat di Gedung Merdeka, Polrestabes Bandung menerjunkan 1.300 personel.

“Pengamanan kami lakukan mulai dari bagian luar gedung sampai di dalam gedung. Jumlah 1.300 dari Polrestabes Bandung ditambah backup dari Polda Jabar dan dari TNI,” ujar AKBP M. Jhoni, Kabag Ops Polrestabes Bandung, di area gladi resik Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Selasa (16/2).

Pengamanan, ujar Jhoni, akan dilakukan secara tertutup dan terbuka. Pihaknya mengantisipasi segala kemungkinan ancaman kejahatan dari mulai kerusuhan hingga ancaman teror. “Pengamanan semua termasuk ancaman bom dan segala bentuk ancaman yang menggagalkan pelaksanaan pelantikan,” katanya.


Jhoni mengatakan, setiap orang yang masuk pun akan diperiksa secara ketat. Diprediksi ada 800 lebih undangan yang akan menghadiri proses plantikan. Setiap orang yang masuk, ujarnya, harus sesuai dengan surat undangan. “Yang tidak ada kaitan dalam pelaksanaan pelantikan itu tidak akan kami akomodir masuk ke dalam.” katanya.

Pihaknya pun meminta agar massa pendukung kepala daerah terpilih untuk tidak hadir dalam acara pelantikan.
“Disesuaikan saja dengan undangan, kalau yang tidak diberi undangan tidak dapat masuk ke akses wilayah pelantikan,” katanya.

Adanya kegiatan itu, sejumlah jalan di kawasan Gedung Merdeka akan ditutup. Jhoni mengatakan, penutupan jalan dilakukan di beberapa titik yakni Jalan Asia Afrika dari Perempatan Jalan Tamblong hingga ke Jalan Cikapundung Timur, Jalan Braga Pendek dan Jalan ABC. Penutupan dari mulai pukul 06.30 Wib sampai pukul 19.00 Wib. “Sistemnya itu seperti pelaksanaan CFD (Car Free Day) atau CFN (Car Free Night),” katanya.

Dengan adanya penutupan jalan ini, lanjut Jhoni, pihaknya memberlakukan pengaliah arus jalan. Bagi masyarakat dari arah Jalan Tamblong akan ke Alun-alun (Asia Afrika) melewati Jalan Lengkong lalu belok di Jalan Dalem Kaum. Begitupun dari arah Simpang Lima, tidak lurus, melainkan belok ke Jalan Lengkong. “Bagi masyarakat yang biasa melewati Asia Afrika, dialihkan dulu demi keamanan pelantikan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta enam kepala daerah yang akan dilantik hari ini bisa bekerja keras dalam mengemban amanah rakyat. Bupati/wali kota ini harus menjalankan pembangunan sesuai janji kampanye dan rencana pembangunannya.

Secara khusus, Heryawan pun mendorong mereka membawa daerah yang dipimpinnya meraih predikat wajar tanpa pengecualian dari BPK serta hasil baik dalam laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. “Harus ada sinkron antara laporan keuangan dan kinerjanya,” kata Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Selasa (16/2). (cr2/agp)