Dua Minggu Kedepan Jabar Masih Bercuaca Ekstrim dan Rawan Bencana

cuaca-ekstrim
Ilustrasi cuaca ekstrim

 

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus mewaspadai kondisi cuaca sepanjang Februari ini. Kepala BPBD Jabar Haryadi Wangsaatmadja mengatakan, berdasarkan data BMKG diperkirakan kondisi cuaca untuk seminggu kedepan akan sangat ekstrem dan rawan menimbulkan bencana.

“BMKG memperkirakan ada 12 hari yang perlu diwaspadai, yaitu 10 hari kebelakang dan 2 hari kedepan ini. Diperkirakan cuacanya sangat ekstrem dan rawan menimbulkan bencana,” katanya di Bandung, kemarin.

Perkiraaan ini, kata dia, sudah diantisipasi BPBD dengan mewaspadai kondisi cuaca ekstrem itu hingga seminggu ke depan.


“Ini baru perkiraan karena kemarin pun hujan tidak terlalu deras, yang jelas yang perlu diantisipasi itu kondisi cuaca seminggu kedepan, terutama untuk wilayah Jawa Barat, Jabodetabek, Banten dan Lampung,” ujarnya.

Menurutnya kondisi cuaca pada minggu terakhir ini diperkirakan akan sangat ekstrem dan rawan terhadap bencana, baik itu bencana longsor maupun bencana banjir.

“Untuk sekarang ini yang perlu dipahami saat musim penghujan seperti ini yang perlu diantisipasi adan banjir, dan longsor. Tetap ada juga angin kencang seperti kumolonimbus,” tandasnya. (apt)