Pengurus Pusat Angkatan Muda Siliwangi Gelar Diklat Bela Negara di Lembang

Ilustrasi

 

POJOKJABAR.com, LEMBANG – Pengurus Pusat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara yang diselenggarakan 7-10 Pebruari 2016 di Komando Pendidikan Latihan Militer (Dodiklat) TNI AD, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dalam apel pembukaan Diklat Bela Negara itu, Sekretaris Jenderal PP AMS Denda Alamsyah, ST., yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, pendidikan bela negara sangat penting dalam situasi negara saat ini.

“Di tengah ancaman negara dari seperti serangan terorisme dan yang lainnya, pendidikan Bela Negara ini sangat relevan. Atas dasar itu kita menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bela negara,” kata Denda dalam acara tersebut seperti dalam rilis yang diterima oleh redaksi.

Kegiatan diikuti sedikitnya 100 anggota AMS, yang berasal dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, KBB, dan Kabupaten Sumedang. “Ada juga dari Generasi Muda AMS,” katanya.


Sementara itu, Ketua Umum PP AMS, Noery Ispandji Firman mengatakan, kegiatan Diklat Bela Negara ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh AMS. Sepanjang kehadiran AMS, katanya, kegiatan seperti selalu dilakukan di setiap periode kepemimpinannya. “Waktu saya masih menjadi pengurus rayon, saya ikut juga semasa kepemimpinan Kang Bahrum di Cimahi. Kegiatannya sama seperti ini,” katanya.

Sedangkan Ketua Harian PP AMS, Rully Alfiady menyatakan, penyelenggaraan Diklat Bela Negara ini dimaksudkan agar anggota AMS mampu dan memiliki integritas yang tinggi terhadap negaranya dan memiliki sikap disiplin yang tinggi.

Rully menambahkan, berdasarkan Undang-undang No. 3 tahun 2002 tentang pertahan negara, disebutkan bahwa segala usaha untuk mempertahankan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman atau gangguan keutuhan bangsa dan negara.

“Sistem pertahanan yang digunakan adalah sistem pertahanan rakyat semesta. AMS menilai merasa berkewajiban untuk melakukan hal itu dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bela negara ini,” pungkas Rully. (azm)