Warga Cikancung Kabupaten Bandung Bangun Jalan tanpa Bantuan Pemerintah

Warga Kampung Cirungki, RW 04 Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung membangun jalan sepanjang kira-kira dua kilometer secara swadaya masyarakat.

POJOKJABAR.com, CIKANCUNG – Membangun kampung halaman tidak selamanya mengandalkan anggaran dari pemerintah, hal tersebut tercermin di Kampung Cirungki, RW 04 Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung yang telah membangun jalan sepanjang kira-kira dua kilometer secara swadaya masyarakat.

Jalan yang dibangun oleh Masyarakat tersebut menghubungkan beberapa Kampung bahkan Desa di Kecamatan Cikangcung, bahkan bisa memangkas jarak.

“Memang ada jalan milik Desa, tapi harus memutar, kalau menggunakanjalan yang kami bangun, posisinya memotong. Contohnya, untuk ke Daerah Cicalengka, jika menggunakan jalan Desa waktunya bisa sampai setengah jam karena memutar, tap kalau menggunakan jalan ini, 10 menit juga sudah sampai,”tutur salah seorang warga, Ato Enang ,41, ketika diwawancara Minggu (7/2).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Dedi Supriadi (48), menurutnya jalan yang sekarang masih dalam proses pembaangunan tersebut, semenjak dibangun sudah menjadi jalan alternatif bagi warga Desa Hegarmanah.


Pembangunan jalan sendiri, sudah dimulai dari lima tahun lalu. Menurut Dedi, jalan tersebut pada awalnya merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki. Karena ingin mempunyai akses yang lebih cepat, maka Masyarakat Kampung Cirungki bermusyawarah, sehingga diputuskanlah membuat jalan scara swadaya, karena kalau mengandalkan pemerintah, akan membutuhkan waktu lama. “Sebagian lahannya ada yang dibbaskan, ada juga yang dihiibahkan. Dulu mah jalan setapak, sekarang bisa dilihat sendiri, mobil sudah bisa masuk,”katanya.

Jika dihitung-hitung, pembangunan jalan secara swadaya oleh Masyarakat Cirungki, sudah menghabiskan dana skeeitar Rp1miliar. Namun, karena pembangunan dilakukan secara swadaya, dana sebesar itu tidaklah menjadi berat bagi warga.

“Pembangunannya dimulai dari lima tahun lalu. Sebagian dari iuran warga, sebagian dari donatur, pemerintah Desa Hegarmanah dan Kecamatan Cikancung,”ujarnya.