Ini Kata Sekda Jawa Barat Soal Virus Zika

virus zika
Ilustrasi Virus Zika.

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai mewaspadai penyebaran virus Zika. Hingga saat ini, memang belum ada laporan warga Jabar yang terjangkit virus tersebut.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, saat ini belum ada warga Jabar yang menjadi korban virus tersebut. “Insha Alloh di Jabar tidak ada,” kata Iwa, di Bandung, Kamis (4/2).

Menurut Iwa, semua komponen yang bergelut di dunia kesehatan tengah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Zika. Dinas Kesehatan Jabar bertindak sigap meredam penyebaran virus tersebut.

Bahkan, kata dia, Dinkes Jabar telah diperintahkan untuk melakukan koordinasi dengan dinkes di kabupaten/kota agar turut mewaspadai virus tersebut. “Dinkes secara langsung menangani itu, koordinasi dengan kepala dinas kesehatan di kabupaten/kota sampai jajaran terbawah,” katanya.


Saat ditanya kemungkinan akan melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk seperti bandara, Iwa mengaku pihaknya belum ada rencana ke arah itu. Namun, yang harus lebih ditekankan adalah pola hidup sehat di masyarakat.

“Sampai sekarang kondisi masih terkendali. Kita lebih pada menggencarkan pola hidup sehat, karena itu salah satu indikator meningkatkan kesehatan,” pungkasnya. (agp)