Belum Uji Emisi ? Ya Tak Boleh Parkir di Pemkot Cimahi

Petugas saat melakukan uji emisi kendaraan.  Kantor Lingkungan Hidup Cimahi akan mengarahkan kendaraan dinas yang tidak lolos uji emisi agar tidak diparkir di halaman komplek pemkot Jalan Cihanjuang.

Petugas saat melakukan uji emisi kendaraan. Kantor Lingkungan Hidup Cimahi akan mengarahkan kendaraan dinas yang tidak lolos uji emisi agar tidak diparkir di halaman komplek pemkot Jalan Cihanjuang.

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Kantor Lingkungan Hidup Cimahi akan mengarahkan kendaraan dinas yang tidak lolos uji emisi agar tidak diparkir di halaman komplek pemkot Jalan Cihanjuang. Pasalnya, baku mutu udara di kawasan tersebut dianggap sudah melebihi ambang batas.
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Cimahi M Ronny mengatakan, penegakan aturan soal lolos uji emisi harus ditegakan agar kualitas udara di kawasan pemkot benar-benar bersih dan sehat bagi manusia yang beraktivitas di kawasan tersebut.

“Makanya, kami pada Senin (26/10/2015) ini melakukan uji emisi terhadap 279 kendaraan yang masuk ke komplek pemkot,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan hasil pengujian terhadap kendaraan dinas yang digunakan walikota hingga staf yang bekerja di lingkungan pemkot itu diketahui mayoritas lolos dan tidak bermasalah dengan mesin kendaraannya.

Bagi kendaraan yang lolos uji emisi tersebut, pihaknya akan memasangkan stiker bertuliskan kendaraan lolos uji emisi berwarna hijau. Sedangkan yang tidak lolos, kendaraan tersebut tidak ditempeli stiker. “Kami sarankan kepada pemilik kendaraan yang tidak lolos uji emisi agar untuk menservis kendaraannya karena bisa jadi ada masalah pada mesin kendaraan tersebut. Kemungkinan besar ada yang bocor,” ujarnya.

Mengenai lokasi parkir bagi kendaraan yang tidak lolos, diakuinya itu merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan. Kewenangan institusinya hanya menyatakan lolos atau tidaknya kendaraan. “Untuk lokasi parkir itu akan ditentukan oleh Dishub,” pungkasnya.

(RadarBandung/ham)

Feeds