Hari Ini POPNAS Resmi Dibuka

VOLI: Altet voli putri Sulut, Angelia Febriyani (1) serta Kezia Lidia Umbo (10) menahan smash dari tim voli Yogyakarta, Dyah Setyaningrum pada pertandingan babak penyisihan POPNAS XII/2015 di GOR C-tra, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Rabu (9/9/2015).

VOLI: Altet voli putri Sulut, Angelia Febriyani (1) serta Kezia Lidia Umbo (10) menahan smash dari tim voli Yogyakarta, Dyah Setyaningrum pada pertandingan babak penyisihan POPNAS XII/2015 di GOR C-tra, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Rabu (9/9/2015).

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIII/2015 akan resmi dibuka hari ini, di Stadion Siliwangi, Bandung. Menurut rencana, pembukaan ajang olahraga ini akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Selain itu, sejumlah gubernur provinsi lain pun dikabarkan akan hadir. Ketua Harian Pengurus Besar POPNAS XIII/2015 Yudha M. Saputra mengatakan, upacara pembukaan ini akan melibatkan sedikitnya 15 ribu peserta.

Berbagai atraksi kesenian dan budaya akan memeriahkan upacara pembukaan tersebut. “Besok akan ditampilkan berbagai atraksi yang ditujukan kepada generasi mudah khususnya atlet yang bertanding. Agar mereka lebih terpacu dan bersemangat untuk memberikan prestasi,” kata Yudha usai menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional, di Gedung Sate, Bandung, Rabu (9/9/2015).

Yudha menjelaskan, atraksi kesenian dan budaya ini akan melibatkan sekitar seribuan peserta. Selain itu, jumlah penonton yang hadir di tribun diperkirakan mencapai 15 ribu yang di antaranya merupakan ofisial dan pendukung masing-masing kontingen.

Lebih lanjut Yudha katakan, POPNAS kali ini diikuti seluruh provinsi di Tanah Air. Adapun jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 20.

“Melibatkan delapan ribu atlet dan ofisial,” katanya. Menurut Yudha, POPNAS merupakan ajang pencarian atlet-atlet muda handal untuk dipersiapkan di tingkat selanjutnya.

Jabar sendiri menargetkan juara umum dalam ajang POPNAS kali ini. Terlebih, Jabar belum pernah meraih gelar juara umum.

Sementara itu, meski belum resmi dibuka, kemarin panitia sudah menggelar pertandingan tiga cabang olahraga, yakni sepak bola, bola basket, dan bola voli. Dalam pertandingan yang digelar di Lapangan Arcamanik, tim sepak bola Jawa Barat berhasil menggunduli Kepulauan Riau dengan skor 7-0.

Sedangkan pada pertandingan bola basket, tim putri DKI Jakarta unggul telak atas Riau dengan skor 80-20. Pertandingan basket ini pun diwarnai ketidakhadiran dari tim putra Sulawesi Tengah yang seharusnya berhadapan dengan DKI Jakarta.

Atas ketidakhadiran itu, panitia menyatakan Sulteng kalah WO dengan skor 0-20. Sementara itu, untuk pertandingan hari ini, tim bola basket putra Jawa Barat akan berhadapan dengan Kalimantan Barat, di Gor Suci, Bandung, pada pukul 10.45.

(RadarBandung/agp)

Feeds