Sakit, Calhaj Kab.Bandung Meninggal

ilustrasi calhaj meninggal
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id,MARGAASIH – Seorang calon Jemaah haji asal Kabupaten Bandung meninggal dunia di Asrama Haji Bekasi pada Selasa (25/8/2015) sekitar pukul 10.00.

Kasi haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Asep Sopandi mengatakan, jemaah haji yang meninggal sebelum bertolak ke tanah suci tersebut adalah Lala Komala binti Endos ,43, warga Desa Sindangpalay, Kecamatan Margaasih.

“Memang Almarhumah sudah sakit, bahkan saat berangkat dari Lanud Sulaiman ke Bekasi pada Senin (24/8/2015) malam, menggunakan ambulance,”tutur Asep, Selasa (25/8/2015).

Sesampainya di bekasi,kondisi kesehatan almarhumah makin memburuk, bahkansempa ditangani poliklinik dan kemarin pagi dinyatakan meninggal dunia.


Menurut Asep, dari riwayat kesehatan memang yang bersangkutan memang memiliki penyakit. Warga Desa Sindangpalay, Kecamatan Margaasih tersebut masuk ke kloter 11 Jabar atau kloter 2 Kabupaten Bandung.

Asep menambahkan, Lala akan berangkat menuju tanah suci bersama suaminya Aip Permana. Meski Lala meninggal dunia sebelum berangkat, lanjut Asep, suami Lala masih akan berangkat menjalankan ibadah haji.

“Kita sudah sarankan ke suaminya untuk menunda dulu kepergiannya. Nanti bisa diundur kloternya. Biar bisa mengurus pemakaman istrinya dulu. Tapi yang bersangkutan tetap mau berangkat,” katanya.

Terkait biaya haji yang telah dibayarkan, tutur Asep, terdapat mekanisme jika calon jemaah meninggal. Terdapat asuransi yang akan diberikan kepada keluarga calon jemaah.

Sementara itu, Kemenag Kabupaten Bandung juga tengah mengurus visa calon jemaah haji yang belum keluar. Terdapat sekitar 20 calon jemaah yang belum mendapatkan visa.

Meski begitu, Asep menjamin para calon jemaah tersebut masih bisa berangkat pada tahun ini. Pasalnya para calon jemaah telah masuk ke dalam kuota yang telah ditentukan.

“Yang belum dapat visa masih menunggu di rumah. Tapi kalau sudah keluar akan diberangkatkan dengan kloter yang lain. Hanya menunggu waktu saja,” ujarnya.

Bupati Bandung, Dadang Naser ikut berduka cita atas meninggalnya satu calon jemaah haji. Dadang berharap suami calon jemaah haji tak berangkat lebih dulu. “Nanti bisa dimundurkan dan ikut kloter yang lain. Biar bisa mengurus pemakaman istri dulu,” ujar Dadang.

Selain itu, Dadang juga meminta kepada calon jemaah haji yang belum mendapatkan visa agar lebih bersabar. Pihak Kemenag masih mengurus visa para calon jemaah haji agar bisa segera berangkat.

(RadarBandung/mld)