Mobil Patwal Lawan Arus Diprotes

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id,BANDUNG – Setelah Yogyakarta, Patroli dan Pengawal Patwal kini menjadi sorotan di Bandung. Patwal yang mengawal iring-iringan seperti mobil pengantin mengambil jalur lawan arah di Jalan Ir H Juanda di kawasan Dago Bandung pada Minggu (23/8/2015) kemarin.

Selain mengambil jalur lain, iring-iringan yang berjumlah enam kendaraan diantaranya, tiga kendaraan sipil, tiga kendaraan polisi ini menerobos lampu merah (Simpang Dago) menuju atas. Tiga kendaraan sipil itu diketahui Mercedes Benz, Avanza, dan Pajero, nemun tidak terlihat nopolnya.

Seperti yang di unggah Oginawa ,26, warga Bekasi yang sedang berada di Bandung, Minggu (23/8/2015) pukul 15.30 WIB, lewat kamera ponselnya. Saat itu Ogi yang bersama istrinya, Zia (25) mengaku terjebak macet di kawasan tersebut.

Lalu terdengar suara isyarat mobil polisi dengan suara khasnya untuk mengambil lawan arus. Ketika mobil yang ditumpanginya sejajar dengan Patwal, lanjut dia, mobil sedan tersebut seperti meminta kendaraan yang berada di jalur benar untuk memberi jalan.


“Padahal macetnya enggak terlalu panjang. Paling dari stopan cuma antrian beberapa meter, tapi kok malah lawan arus,” ungkap Ogi karyawan swasta tersebut, Senin (24/8/2015). Ogi kemudian memostingnya ke media sosialnya.

Meski dalam video berdurasi 24 detik tersebut tidak terekam iring-iringan menerobos lampu merah, tapi dia memastikan hal itu. “Ya dia pasti nerobos, soalnya saya masih kejebak lampu merah, rombongan sudah enggak ada suara,” katanya.

Dia mengaku kesal dengan ulah aparat yang tidak menunjukan sikap tidak tertib berlalu lintas. Padahal rombongan pengantin tidak terlalu mendesak seperti ambulance atau pemadam kebakaran. “Apalagi kepentingannya cuma untuk kawinan saja. Kecuali darurat ya enggak apa-apa minta jalan,” terang dia.

Saat dimintai konfirmasi, Satlantas Polrestabes Bandung tak mengelak soal mobil patwal yang melaju lawan arus tersebut. “Satu dari tiga mobil patwal dalam rekaman itu memang mobil Polrestabes Bandung. Mobilnya kita itu paling belakang ketiga yang merek Lancer,” kata Wakasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Santiadjie di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, diwaktu yang sama. “Namun untuk dua mobil patwal lainnya, sedang kami dalami,” ujarnya.

Adjie baru pagi tadi mengetahui beredarnya video mobil patwal melawan arus di Jalan Djuanda (Dago) yang berlangsung pada Minggu sore (23/8/2015).

“Ya kami mengakui satu mobil itu memang punya Polrestabes Bandung. Intinya mobil patwal itu lagi mengawal mobil pengantin,” ucap Adjie menegaskan.

(RadarBandung/sar)